MATA INDONESIA, JAKARTA – Sukses Tiktok yang didownload nyaris 3 miliar orang di seluruh dunia, membuat Youtube pun mulai melirik model video pendek.

Mengutip Gadgets 260, Youtube sedang menguji fitur baru pada aplikasi selulernya yang memungkinkan pengguna membuat dan mengunggah video pendek berdurasi 15 detik.

Modelnya mirip TikTok. Pengguna nantinya bisa menggunakan berbagai pola supaya video pendeknya ini menarik pengunjung Youtube di aplikasinya terutama aplikasi seluler.

Sejak April 2020 lalu, Youtube sudah mencoba menghadirkan fitur yang kabarnya akan dinamai Youtube Shorts tersebut. Youtube menjelaskan bahwa fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk merekam beberapa video langsung dalam aplikasi seluler Youtube dan mengunggahnya dalam satu video.

Jika berdurasi kurang dari 15 detik, video itu dapat langsung diunggah ke platform setelah perekaman. Namun jika lebih dari 15 detik, perlu diunggah dari galeri telepon.

Di Amerika, fitur tersebut saat ini terbatas untuk pengguna Android dan iOS. Mereka dapat memeriksa ketersediaan fitur itu dengan menemukan opsi “buat video”. Belum diketahui pasti apakah fitur tersebut berisi alat video seperti filter, efek, musik dan sebagainya, seperti yang terlihat pada aplikasi video yang saat ini populer, TikTok.

YouTube sebelumnya sudah memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengunggah video pendek dalam bentuk Youtube Stories, yang dikenal dengan nama Youtube Reels. Fitur ini memulai debutnya pada 2017.

Tak hanya Youtube, Facebook juga mencoba menyaingi TikTok dengan aplikasi mereka sendiri. Bulan lalu, Facebook sedang menguji aplikasi untuk pecinta musik, yang dinamai Collab. Aplikasi ini, menurut Facebook, memungkinkan pengguna untuk membuat dan menggabungkan video musik pendek. Pada 2018, Facebook juga telah meluncurkan aplikasi serupa yang terinspirasi TikTok, bernama Lasso.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here