Waspada Gaes, Ini Lho Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAKanker merupakan penyakit yang menyebabkan kematian utama di seluruh dunia. Mengutip World Health Organization (WHO), sekitar 9,6 juta jiwa meninggal karena kanker tahun 2018.

Menurut Cancer Research UK, pola makan sehat dan gizi seimbang dapat mengurangi risiko kanker dengan membantu seseorang menjaga berat badan sehat atau menurunkan berat badan.

Untuk itu penting untuk kita menjaga pola makan guna menghindari resiko penyakit kanker berdasarkan dari makanan yang kita konsumsi. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat menjadi pemicu kanker.

1. Alkohol

Mengutip Cancer Council, minum alkohol meningkatkan risiko kanker, terutama kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus, hati, dan payudara. Jika terasa sulit untuk berhenti dari konsumsi alkohol, kamu bisa membatasi konsumsi alkohol. Misalnya, dengan minum alkohol tidak lebih dari 2 minuman standar sehari dan jangan lebih dari 4 minuman alkohol standar dalam satu sesi. Minuman pemicu kanker ini memang tak langsung serta merta memberikan efek, tetapi akan terasa dalam jangka panjang.

2. Makanan kaleng

Meskipun makanan kaleng yang disajikan mungkin sehat, bahan kaleng tersebut bisa menjadi salah satu makanan pemicu kanker karena banyak kaleng dilapisi dengan bisphenol yang yang juga dikenal sebagai BPA (bahan kimia industri yang digunakan untuk membuat plastik dan resin tertentu). Zat ini bisa menyebabkan kanker payudara dan prostat, menurut jurnal Annals of the National Institute of Hygiene Polandia.

3. Makanan dengan kadar garam yang tinggi

Menurut Victoria Manax, MD, kepala petugas medis di Pancreatic Cancer Action Network dan ahli onkologi, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan hal ini berhubungan dengan risiko kanker tertentu. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa makanan asin menjadi satu dari beberapa faktor penyebab kanker pankreas, kanker lambung, kanker hidung, dan kanker tenggorokan.

4. Daging olahan

Beberapa jenis daging olahan seperti sosis, hot dog, nugget, pepperoni, dendeng, dan daging yang diawetkan dengan diasinkan, daging yang diasap, atau menggunakan bahan pengawet kimia, adalah sederet dari makanan pemicu kanker. Menurut studi dalam jurnal The Lancet Oncology, disebutkan bahwa mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker usus sebesar 18 persen.

5. Gula dan karbohidrat halus

Peneliti telah menemukan bahwa pola makan yang menyebabkan kadar glukosa darah melonjak dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kanker, termasuk kanker perut, payudara, dan kanker kolorektal. Kadar glukosa darah dan insulin yang lebih tinggi menjadi faktor yang meningkatkan risiko kanker.

6. Makanan cepat saji

Melansir World Cancer Research Fund, salah satu faktor risiko terbesar kanker adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Makan makanan cepat saji (seperti keripik dan ayam goreng) atau makanan olahan lain yang tinggi lemak dan gula (seperti coklat, keripik, dan biskuit) dapat membuat berat badan bertambah. Telah terbukti kuat bahwa kelebihan berat badan atau obesitas adalah penyebab 12 jenis kanker.

Reporter : Firda Padila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini