Waspada, Berikut Gejala Diabetes yang Menyerang Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyebab yang mendasari diabetes bisa bervariasi berdasarkan jenisnya. Namun, apa pun jenis diabetes yang dialami dapat menyebabkan kelebihan gula dalam darah.

Dengan demikian, seseorang harus memperhatikan tanda dan gejala untuk mendiagnosis kadar gula tinggi. Apabila Anda merasakan perubahan pada kesehatan Anda seperti sering buang air kecil, mulut kering, kelelahan, masalah kulit, dan mati rasa di kaki, maka Anda harus memeriksakan kadar gula Anda.

Diabetes tidak hanya mempengaruhi aliran darah, tetapi juga organ tubuh lainnya. Makan makanan yang sehat dan gaya hidup yang baik adalah hal dasar yang diperlukan untuk mengelola diabetes selain obat-obatan.

Apa penyebab diabetes?

Glukosa darah di dalam tubuh dikendalikan oleh insulin, yang diproduksi oleh pankreas. Produksi insulin yang tidak mencukupi dapat menyebabkan diabetes. Kondisinya dapat dikontrol tetapi dalam banyak kasus, itu berlangsung seumur hidup.

Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak kesehatan Anda dan dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan yang parah. Melansir Times of India, berikut adalah gejala umum yang terjadi pada penyakit diabetes.

Kulit

Masalah kulit pada pasien diabetes disebabkan oleh pembuluh darah yang rusak. Ini dapat menyebabkan pigmentasi kulit. Faktanya, bercak hitam di tangan dan kaki Anda biasanya merupakan gejala pertama diabetes. Ini tidak menyakitkan tetapi dapat diketahui dengan mudah.

Jantung

Penderita diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Gula darah tinggi dapat memengaruhi kesehatan kardiovaskular Anda dengan berbagai cara, termasuk serangan jantung.

Kaki

Kerusakan saraf pada diabetes dapat menyebabkan sensasi kesemutan dan mati rasa pada kaki, yang juga merupakan tanda diabetes. Kondisi tersebut mengeraskan pembuluh darah, yang menyebabkan sirkulasi darah menjadi buruk. Oleh karena itu, seringnya mati rasa pada kaki tidak boleh diabaikan. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Mata

Diabetes dapat menyebabkan penglihatan yang buruk dan kehilangan penglihatan dalam kasus yang ekstrim. Penderita diabetes berisiko lebih tinggi terkena infeksi mata. Pembuluh darah di retina bisa rusak, yang bisa sangat menyakitkan bagi mata.

Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ yang paling terpengaruh dengan kondisi diabetes. Gula darah tinggi bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal, yang mungkin mengharuskan Anda untuk menjalani dialisis atau transplantasi ginjal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini