Ilustrasi backpacker (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Liburan ke luar negeri merupakan impian bagi para pencinta traveler. Mulai dari negara-negara Asia sampai lintas benua ingin mereka datangi untuk menikmati alam dan budayanya.

Banyak kaum milenial yang menggunakan jasa agen travel untuk perjalanannya. Namun, tidak jarang pula orang memilih backpacker karena keterbatasan budget.

Kebanyakan milenial, saat backpacking di luar negeri mereka memilih hostel karena harganya murah dan diakui resmi oleh negara setempat. Nah, inilah beberapa tips traveling ala backpacker yang pas dengan budget dan membuat traveling mu makin lancar!

1. Manfaatkan Promo Tiket

Informasi promo tiket dapat dicari lewat internet dengan cara mengunjungi situs resmi maskapai yang bersangkutan. Atau, Kamu dapat juga membuka situs travel agent besar lainnya yang dapat dipercaya.

Beberapa maskapai penerbangan tak jarang melakukan kegiatan promosi. Salah satunya dengan cara menebar tiket promo dengan harga yang sangat terjangkau.

Pada umumnya, tiket promo dijual sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Sehingga, penumpang harus mempersiapkan jadwal dan juga dana untuk membeli tiket ini sejak awal.

2. Kunjungi Negara Bebas Visa

Untukmu pemula backpacker yang minat ke luar negeri, jika memiliki keterbatasan uang dapat mengunjungi negara bebas visa terlebih dahulu seperti negara-negara ASEAN. Pasalnya, membuat visa pada dasarnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka, pilihlah negara-negara yang bisa bebas dikunjungi tanpa visa terlebih dahulu, sebelum mengeksplore lebih jauh lagi.

3. Gunakan Transportasi Publik

Mode transportasi seperti kereta dan bus adalah pilihan terbaik untuk para backpacker. Karena biaya yang cukup terjangkau, Kamu dapat menghemat pengeluaran ketika berjalan-jalan di sana. Berpergian dengan menggunakan taksi selama berada di luar negeri, akan lebih banyak menguras uang dari kantong Kamu.

4. Pilih Alternatif Penginapan

Karena backpacker lebih suka menjelajah ketimbang menghabiskan waktu di hotel, pilihlah untuk menginap di hostel yang harga per malamnya lebih murah. Jika ingin memilih hotel, akan lebih murah jika anda memesan secara bersamaan dengan memesan tiket pergi.

Cara lainnya adalah dengan liburan ke luar negeri saat low season, Sebab, biasanya hotel memberi harga lebih murah daripada saat high season.

5. Makan dan Belanja Sebutuhnya

Saat travelling ala backpacker dengan uang yang terbatas, maka pilihan untuk makan di warung biasa yang banyak dikunjungi oleh warga lokal. Pada umumnya, rumah makan yang ramai dikunjungi oleh warga lokal akan memiliki rasa yang enak dan harga yang cukup bersahabat, termasuk untuk turis.

Jadi gimana? Sudah siapkah menjelajah negara impian dengan liburan ala backpacker?

Reporter : Nia Isdamayanti

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here