Wajib Tahu! Aplikasi Ini Bisa Bikin Kuota Boros Loh!

Baca Juga

MATA INDONESIA , JAKARTA – Memiliki smartphone tentu tak afdol jika gak diisi dengan paket internet, atau biasa dibilang kuota internetan. Hal tersebut karena data internet dibutuhkan untuk bisa mengakses sosial media dan koneksi lainnya.

Biasanya, kuota internet bakal diirit-irit sebisa mungkin agar bisa awet sampai masa aktifnya habis. Tapi, tahukah kamu ada beberapa aplikasi yang mungkin ada di smartphonemu dan bisa bikin kuota internet jadi cepat habis loh.

Buat kamu yang ekstra ngirit kuota internet, kamu wajib tahu nih aplikasi apa saja yang bisa bikin kuota internetmu jadi cepat ludes. Yuk simak

1. Facebook

Aplikasi Facebook biasanya akan menampilkan beragam foto dan video dari unggahan teman kamu secara otomatis. Terutama, saat kamu sedang melihat-lihat beranda lamanmu.

Hal itu tentu membuat kuota internetmu terkuras secara otomatis pula. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatur konten-konten tertentu agar tidak autoplay lho. Dengan demikian, kuotamu bisa jadi lebih irit.

2. Instagram

Sama halnya dengan Facebook, konten-konten di Instagram memang menyajikan foto dan video yang bisa diputar secara otomatis. Perlu kamu ketahui, aplikasi sosial media yang berbasis konten foto dan video akan menguras kuotamu lebih banyak dari sosial media lainnya.

Ditambah lagi Instagram dilengkapi dengan fitur-fitur keren seperti Stories, Live dan lainnya. Instagram juga memiliki fitur preloading yang membuat kuota kamu terus tersedot meski kamu tidak membukanya.

3. Twitter

Jangan salah, sering-sering membuka Twitter juga bisa memakan kuota internet kamu loh. Konten video di Twitter akan berputar otomatis ketika kamu melihatnya di timeline Twitter.

Semakin banyak kamu menemukan konten seperti ini, tentunya kuota kamu akan semakin banyak terkuras. Tenang, kamu bisa mematikan fitur ini dalam pengaturan pemakaian data Twitter kamu.

4. Spotify

Aplikasi pemutar lagu ini memang gak menyajikan konten foto atau video seperti sosial media di atas. Tapi, jika didengarkan terus menerus, aplikasi ini bisa menyedot banyak kuota internetmu.

Hal ini disebabkan, Spotify masuk ke salah satu aplikasi streaming yang bisa memakan kuotamu lebih banyak jika kamu mendengarkannya secara online.

5. YouTube

Terakhir, udah gak diragukan lagi kalau YouTube adalah dewanya aplikasi yang paling banyak menyedot kuota internet. Lain halnya dengan Twitter, Facebook dan Instagram, YouTube umumnya menyajikan konten lewat video-video dengan durasinya yang beragam.

Dikutip dari Canstar Blue, untuk memutar video beresolusi 480p selama 1 jam saja bisa menghabiskan 264 mb. Sedangkan untuk video dengan kualitas 1080p akan memakan kuota hingga 1,65 Gb jika kamu memutarnya selama 1 jam tanpa henti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini