Wajib Nonton! Ini Sederet Film tentang Disabilitas yang Menyentuh Hati

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika kamu bosan dengan genre film yang itu-itu saja, mungkin ini saatnya kamu beralih menonton film yang bisa menggugah hati nuranimu. Film dengan tema disabilitas bisa jadi pilihan.

Kisahnya yang dikemas dengan apik, mampu menjadi inspirasi dan motivasimu. Selain itu, ada banyak pesan moral yang bisa diambil dan membuatmu lebih menghargai hidup.

Siapkan tisu dan cari posisi ternyaman untuk menonton, berikut daftar film disabilitas terbaik yang punya alur cerita yang inspiratif dan sinematografi yang bagus!

1. Inside I’m Dancing (2004)

Inside I’m Dancing adalah film komedi yang bercerita tentang dua pria difabel, Rory dan Michael, yang berniat menjalani hidup sepenuhnya dan melarikan diri dari panti jompo tempat mereka tinggal. Rory, yang dikenal suka memberontak, memimpin Michael bertualang ke dunia luar untuk mencari kebebasan hidup. Film ini dipenuhi adegan lucu dan mengharukan. James McAvoy dan Steven Robertson masing-masing berperan sebagai Rory dan Michael.

2. Intouchables (2011)

Intouchables adalah film komedi asal Perancis berdasarkan kisah nyata tentang seorang pengusaha yang lumpuh bernama Phillipe dan seorang pengasuh bernama Driss. Film ini memperlihatkan seberapa besar pun ego manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Selain itu, film ini telah memenangkan banyak penghargaan.

3. The Theory of Everything (2014)

The Theory of Everything merupakan film yang diadaptasi dari buku karya istri Stephen Hawking, Jane Wilde, berjudul ‘My Life with Stephen Hawking’. Film ini bercerita tentang bagaimana Stephen Hawking mengembangkan teori-teorinya yang terkenal tentang asal-usul alam semesta dan lubang hitam selama di Universitas Cambridge.

Film ini juga menunjukkan perjuangan Hawking melawan penyakitnya yang semakin memburuk. Eddie Redmayne, yang berperan sebagai Hawking, sangat fantastis dalam memainkan perannya hingga meraih Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik.

4. Breathe (2017)

Breathe adalah film berdasarkan kisah nyata tentang Robin Cavendish yang menjadi lumpuh pada usia 28 tahun setelah terkena polio. Cavendish mengalami kelumpuhan di tahun 1958 ketika saat itu opini masyarakat berkembang tentang para penyandang disabilitas tidak akan hidup lama.

Kebanyakan orang lumpuh hanya berbaring di tempat tidur rumah sakit sambil menatap langit-langit. Namun, Cavendish dengan bantuan istri dan teman-temannya berhasil melarikan diri dari rumah sakit dan menjalani kehidupan yang menyenangkan. Dia juga menjadi seorang advokat untuk meningkatkan kehidupan orang-orang yang lumpuh karena polio.

5. Me Before You (2016)

Me Before You adalah film drama romantis yang menceritakan kisah Louisa Clark setelah mendapatkan pekerjaan sebagai pengasuh Will Traynor, seorang playboy kaya raya dan pengusaha sukses yang menjadi lumpuh karena sebuah kecelakaan tragis.

Louisa segera mengetahui bahwa pekerjaannya sebagai pengasuh adalah untuk meyakinkan Will agar tetap hidup setelah Will memutuskan pergi ke Swiss dan mencoba melakukan bunuh diri. Dalam prosesnya, keduanya jatuh cinta. Film ini mengaduk-aduk emosi yang akan membuatmu tertawa kemudian menangis di waktu berikutnya.

Reporter: Safira Ginanisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini