Wahai Mahasiswa, Ini 5 Rekomendasi Situs Web Gratis untuk Download Jurnal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jurnal menjadi salah satu kebutuhan penting bagi para mahasiswa. Selain untuk memudahkan pengerjaan tugas, jurnal juga bisa berguna untuk menyelesaikan tugas akhir.

Tak bisa dipungkiri kalau jurnal sudah menjadi ‘perpustakaan mini’ bagi mahasiswa sehingga setiap kutipan yang dibuat oleh mahasiswa dapat dinilai valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Berikut daftar situs jurnal nasional maupun internasional gratis yang bisa dijadikan referensi mahasiswa dalam mengerjakan tugas, menukil dari Twitter @Ujunami :

1. Sciencedirect
Sciencedirect menyediakan berbagai artikel buku hingga jurnal ilmiah bagi siapapun yang membutuhkan. Namun, tidak semua materi dapat diunduh secara gratis.

Tetapi dari beberapa jurnal yang berbayar, masih banyak jurnal yang terbuka dan gratis sehingga kesempatanmu untuk menemukan jurnal sesuai dengan kebutuhanmu terbilang besar.

2. Perpustakaan Nasional RI
Dari situs luar negeri, ternyata ada juga situs jurnal Indonesia yang dapat membantu jalannya kuliah kalian, lho! Dan ini adalah situs resmi dari Perpustakaan Nasional. Situs ini menyediakan begitu banyak referensi jurnal yang seharusnya berbayar namun karena sudah disewa oleh pemerintah maka jurnal yang kalian butuhkan bisa diakses secara gratis.

Eits! Bukan hanya jurnal nasional saja, lho! Di web resmi perpusnas kalian juga bisa menemukan jurnal-jurnal internasional lainnya. Namun, untuk bisa mengakses, sebaiknya kalian mendaftarkan diri sebagai anggota perpusnas ya! Biaya pendaftarannya gratis, hanya memerlukan KTP dan datang langsung ke lantai 2 Perpustakaan Nasional Merdeka Selatan. Registrasi di laman webnya juga bisa, namun tetap harus antre langsung untuk mendapatkan kartu.

3. DOAJ
Situs jurnal yang direkomendasikan selanjutnya adalah Directory Open Access Journal (DOAJ) yang sesuai dengan namanya, situs ini memberikanmu akses penuh kepada tiap-tiap jurnal ilmiah secara gratis.

Kalian bisa mengakses situs ini melalui laptop ataupun HP. Di dalamnya tersedia 10 ribu jurnal bahasa inggris yang dapat diakses.

4. Google Scholar
Selain ketiga situs di atas, situs yang paling dikenal adalah Google Scholar, situs ini bisa membantu kalian menemukan ratusan ribu referensi ilmiah yang gratis dan lengkap.

Cara pencariannya cukup sederhana, cukup gunakan kata kunci dari jurnal yang kamu cari seperti menggunakan mesin pencarian Google.

5. International Journal of Education and Research
Terakhir adalah International Journal of Education and Research (IJERN) situs ini berisikan review jurnal yang digunakan oleh peneliti dan profesional lainnya untuk saling berbagi ilmu.

Untuk kalian yang sedang berjuang di semester 5,6,7 dalam menyusun skripsi atau laporan penelitian lainnya, jangan khawatir! Tetaplah berjuang dan mencari jurnal terbaikmu. Selamat mencoba!

Reporter: Cindy Aulia Silnikaffa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini