Ribuan pasangan telah daftar nikah di tengah pandemi Corona
Ilustrasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak dipungkiri, biaya untuk menggelar acara pernikahan tidaklah murah. Makanya, saat merencakan sebuah pesta pernikahan, tentu akan membuat pasangan calon pengantin memikirkan dana yang dibutuhkan.

Pemilihan konsep acara pernikahan ini semua tergantung pada kesepakatan pasangan masing-masing. Masalahnya, tidak sedikit juga yang dilema untuk memperlangsungkan pernikahan karena urusan biaya.

Berikut tips Pernikahan dengan minim budget namun terlihat mewah yang dilansir pada video Youtube Rani Fitri:

1. Nikahan Satu Hari

Nikahan satu hari ini artinya mengadakan resepsi dalam waktu satu hari saja. Jika kita mengadakan pesta resepsi lebih dari satu hari ini, tentunya total biaya yang dikeluarkan juga mesti banyak. Disini harus ingat pada konsep pernikhan minim budget tapi terlihat mewah.

2. Nego Harga

Ini wajib banget untuk dilakukan oleh semua calon pengantin laki-laki maupun perempuan. Ketika datang ke salah satu vendor pernikahan, disini wajib bernegosisasi harga sesuai dengan budget yang ada.

3. Jangan Memakai Wedding Organizer

Untuk yang mempunyi konsep pernikhan minim budget, point ketiga ini mesti kalian hindari. Karena, ini salah satu meminimalisir budget pernikahan kalian.

Pernikahan tanpa Wedding Organizer ini sebenarnya bisa disiasati oleh calon kedua mempelai, seperti membentuk panitia pernikahan dengan beranggotakan dari keluarga besar kedua mempelai.

4. Ambil Paketan

Paketan yang di maksud pada point ini yaitu biasanya paketan pada vendor rias, pihak vendor akan menawarkan paketan mulai dari yang mahal sampai murah. Dalam mengambil paketan ini bisa menghemat biaya pernikahan dibandingkan harus memesan satuan. Keuntungan ambil paketan ini persiapan pernikhan kalian akan lebih praktis.

5. Hindari Musim Kawin

Dalam point ini, memiliki keuntungan bagi para calon pengantin yang memiliki konsep minim budget. Kerena, jika pernikahan dilakukan pada musim kawin vendor-vendor pernikahan akan menaikan harga lebih mahal.

6. Kurangi Undangan

Sebenarnya seberapa besar jumlah budget yang dikelurkan itu di lihat dari jumlah undangan. Semakinan banyak undangan yang di sebar dan semakin banyak juga pengeluaran dan sebaliknya. Sebelum bagi-bagi undangan, pilihlah orang-orang hanya ingin diundang ke resepsi pernikahan.

7. Hilangkan Gengsi

Wajib banget hilangkan dua kata ini, dan usahakan tidak terjerumus dengan gengsi. Di point ini harus jujur dengan diri sendiri, seberapa besar kemampuan kalian dan seberapa besar penghasilan kalian. Semua itu harus bener-bener dipikirkan. Selain itu harus jujur dengan pasangan kalian dan membangun komunikasi yang baik agar tidak selisih paham dalam hal ini.

Reporter: Novita Sari

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here