Tips Membeli Vespa Matic Agar Tidak Rugi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hingga kini Vespa masih menjadi tren di berbagai kalangan usia, mulai dari orang tua sampai anak muda. Saat ini harga Vespa baru masih sangat tinggi. Oleh karena itu, membeli Vespa matic bekas pun menjadi alternatif.

Harganya yang relatif lebih terjangkau dan kondisi Vespa yang masih bagus menjadi dua alasan utama membeli Vespa matic bekas. Namun, sebelum membelinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut Dimas yang merupakan owner @Scooteryaya, dalam channel Youtube AG Otovlog, terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

Pertama cek mesin. Nyalakan mesin dan diamkan beberapa saat. Kondisi mesin yang baik memiliki suara yang halus. Vespa matic juga akan tetap menyala dengan stabil, jika memiliki kondisi yang baik. Jangan ragu untuk test drive, untuk mengetahui seberapa bagus performa vespa tersebut.

Kedua cek body vespa secara keseluruhan. Lihat berbagai sudut, apakah terdapat bagian yang penyok serta lecet. Perhatikan warna cat, sudah pernah repaint atau masih cat asli dari pabrik. Jangan lupa juga untuk mengecek bagian tertutup sepeti bagasi.

Ketiga yaitu kilometer. Meski menurut Dimas hal tersebut tidak terlalu penting karena yang terpenting itu mesinnya terawat. Namun berbeda dengan pernyataan dari Ananda Yuza selaku Managing Director showroom Vespa matic bekas. Ia mengatakan, indikator pertama yang wajib dilihat pembeli bekas itu kilometer. Karena kilometer yang rendah umumnya masih bagus. Patokan low kilometer itu 20 ribu ke bawah.

Keempat kondisi sparepart. Pengecekan sparepat juga sangat penting, baik mengecek kabel spidometer, rem, maupun fork apakah dalam kondisi bagus atau tedapat kerusakan. Mengecek kondisi aliran kelistrikan juga sangat penting, karena berpengaruh pada performa vespa.

Kelima yaitu kunci biru dan coklat. Dua kunci tersebut merupakan kunci immobilizer bawaan yang didalamnya telah ditanamkan chip yang memuat kode tertentu yang berbeda-beda tiap unitnya. Jika kedua kunci tersebut tidak ada maka harganya akan jauh lebih murah, karena tanpa kunci tersebut tidak dapat menyala.

Terakhir, jangan lupa untuk mengecek kelengkapan surat-surat seperti BPKB, STNK, buku panduan, dan buku servis. Pastikan vespa yang hendak dibeli pajaknya hidup dan tidak ada tunggakan pembayaran pajak.

Reporter: Marlita Nursanti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini