Ilustrasi tidur di mobil (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aktivitas di luar rumah, mengharuskan kita berkendara untuk sampai ketempat tujuan. Namun jalanan yang macet disertai tubuh yang lelah sering kali memicu rasa kantuk.

Untuk kamu yang ingin beristirahat dalam kendaraan, jangan lakukan dengan sembarangan ya. Karena, dapat memicu hal-hal yang tidak diinginkan seperti mengganggu keselamatan, kesehatan atau bahkan kejahatan.

Lalu bagaimana cara beristirahat yang aman untuk kita tidur dalam kendaraan? Berikut tipsnya :

1. Cari lokasi parkir yang aman

Langkah pertama yang kita bisa lakukan untuk beristirahat yang tenang dan aman pastinya, yaitu mencari posisi dan tempat yang baik. Solusinya bisa parkir di SPBU, Rest area, tempat parkir di rumah makan dan di minimarket dengan tempat parkir yang luas.

2. Sembunyikan barang berharga

Kejahatan tidak mengenal tempat, waktu dan bisa terjadi kesiapa saja. Jika kita membawa barang berharga sebaiknya di sembunyikan, hal ini berfungsi untuk mengatasi hal yang tidak di inginkan.

3. Membuka jendela

Jika tidur di dalam kendaraan, sebaiknya kita membuka jendela. Karena, sirkulasi udara yang baik sangat di butuhkan ketika kita tertidur di dalam kendaraan. Sirkulasi udara di mobil menjadi tidak pengap sehingga bisa beristirahat dengan nyenyak dan memiliki cukup oksigen.

4. Jangan matikan mesin dan AC

Jangan matikan mesin dan AC ketika hendak tidur di dalam kendaraan. Karena, mencegah adanya kebocoran di sela-sela kabin akan membuat gas monoksida dari asap kendaraan masuk,yang membuat sesorang tak sengaja menghirup gas tersebut saat tidur dan dapat menyebabkan kematian.

5. Kunci pintu mobil dan atur posisi bangku

Langkah terakhir ini yang wajib di perhatikan adalan mengunci seluruh pintu pada kendaraan mobil agar tidak bisa dibuka dari luar dan untuk keamanan kendaraan juga. Kita wajib mengatur posisi bangku mobil dengan baik dan senyaman mungkin untuk menghindari cedera atau nyeri otot.

Reporter: Novita Sari

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here