Tips Agar Anak Anda Tetap Aman dari Media Sosial

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kehidupan saat ini membuat sebagian besar kalangan tidak bisa lepas dari penggunaan sosial media, khususnya anak-anak dan remaja. Sebab, banyak hal yang dapat dilakukan di sosial media, mulai dari mencari informasi, terkoneksi dengan teman, hingga menjadi wadah eksistensi.

Situs media sosial telah memudahkan untuk terhubung dengan orang-orang di berbagai penjuru dunia, tetapi juga membuka dunia baru yang penuh risiko, terutama untuk anak-anak dan remaja.

Tidak memiliki pengetahuan yang tepat mengenai jejaring sosial dan menyalahgunakannya dapat menempatkan anak Anda dalam bahaya besar dari predator dan penindas di dunia maya.

Dan tidak dapat dielakkan jika anak-anak dan remaja masa kini begitu akrab dengan sosial media. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk turut aktif memantau aktivitas anak-anak. Berikut tips untuk menjaga anak Anda tetap aman di media sosial, dilansir Times of India.

Tetapkan pedoman untuk penggunaan media sosial

Menetapkan aturan sejak awal tentang penggunaan media sosial. Ini akan menanamkan kebiasaan positif dalam diri mereka, pastikan aturannya tidak terlalu ketat.

Bicarakan tentang keamanan media sosial

Hal terbaik yang harus Anda lakukan seba adalah mendidik anak Anda tentang keamanan media sosial. Ajari mereka tentang konsekuensi dan berikan tips tentang cara mengatakan aman.

Dorong mereka untuk berbagi banyak hal dengan Anda

Dorong mereka untuk datang kepada Anda untuk mendapatkan bimbingan saat mereka bingung atau jika terjadi situasi kritis.

Ketahui tentang lingkaran teman anak Anda

Pastikan mereka menambahkan Anda di situs media sosial mereka sehingga Anda dapat memantau jenis orang yang berteman dengan mereka.

Jangan biarkan mereka menambahkan orang yang tidak dikenal

Mintalah kemudian untuk tidak menerima permintaan pertemanan dari orang tak dikenal. Juga, tetapkan pedoman tentang jenis konten yang dapat mereka bagikan secara online.

Bantu mereka memilih kata sandi yang kuat

Periksa setelan privasi anak Anda secara teratur dan bantu mereka memilih sandi yang kuat untuk menjaganya tetap aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini