Tertarik Mempelajari Kepribadian Ganda? Tonton Film-Film Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernah mendengar tentang kepribadian ganda atau personality disorder? Ya, kepribadian ganda merupakan salah satu jenis gangguan psikologis. Biasanya para penderita kepribadian ganda ini memiliki kisah-kisah yang cukup unik, menyeramkan, dan menarik untuk diikuti serta dipelajari. Tak sedikit juga produser yang kemudian mengangkat tema ini ke dalam film. Bagi kamu yang tertarik dengan film bertema kepribadian ganda, berikut film-film yang wajib kamu tonton.

1. Sybil (1976)

Sybil mengangkat kisah nyata Shirley Ardell Mason, wanita pertama yang menderita penyakit kejiwaan, yakni dapat memecah dirinya ke dalam 16 kepribadian yang berbeda. Ia sering mengalami hilang ingatan dan gangguan emosional.

Dibantu oleh seorang psikiater, yakni Dr. Wilbur, akhirnya diketahui bahwa di dalam tubuh Sybil terdapat 16 kepribadian yang sering mengambil alih tubuhnya sehingga sering mengalami hilang ingatan.

Dalam film ini, kita bisa belajar mengenai latar belakang mengapa Sybil mengalami Multiple Personality Disorder, dan bagaimana cara Dr. Wilbur membantu Sybil untuk menyatukan ke-16 kepribadian yang dimiliki Sybil.

2. Secret Window (2004)

Semenjak menemukan istrinya berselingkuh, Mort yang berprofesi sebagai seorang penulis memutuskan untuk menyendiri di rumah tepi danau bersama anjingnya, Chico. Sehari-hari, ia lebih senang menghabiskan waktunya dengan tidur di sofa, dan tanpa sadar menciptakan konflik bagi dirinya sendiri.

Suatu hari, ia didatangi oleh seseorang bernama Shooter yang menuduh Mort sudah mencuri ceritanya. Shooter memberikan waktu 3 hari untuk membuktikan kebenaran bahwa Mort tidak mencuri karyanya.

Namun, Mort mengabaikan hal itu dan ia harus menghadapi berbagai teror dari Shooter. Hingga akhirnya, diketahui bahwa sebenarnya sosok Shooter tidak pernah ada. Ia hanyalah pribadi yang secara tak sadar diciptakan oleh Mort sebagai bentuk kekecewaannya terhadap istrinya.

3. Who Am I – No System is Safe (2014)

Who Am I adalah film techno-thriller Jerman yang disutradarai oleh Baran bo Odar. Film ini terinspirasi kisah nyata yang pernah terjadi di Jerman dan Eropa.

Berkisah mengenai seorang pria bernama Benjamin yang sejak kecil hidup sebatang kara. Ayahnya melarikan diri saat ia baru lahir dan ibunya meninggal karena menderita penyakit kepribadian ganda saat ia berusia delapan tahun. Kemudian, Benjamin hanya tinggal bersama neneknya yang mengidap penyakit alzheimer.

Benjamin kecil hidup tidak memiliki teman dan diasingkan karena dianggap sebagai orang yang aneh. Oleh karena itu, ia memecah dirinya menjadi kepribadian lain, yaitu Max, Stephan dan Paul. Di mana ketiga orang itu memiliki kepribadian yang berbeda.

Max memiliki sifat percaya diri, karismatik, dan seorang pemenang. Sedangkan Stephan adalah dewanya software, di mana ia mengetahui segala hal tentang software. Selanjutnya Paul, ia adalah penggila hardware dan jarang tersenyum untuk orang lain.

Sejak usia 14 tahun, ia mulai mengenal dan mempelajari bahasa pemrograman. Terlebih ketiga kepribadian lainnya itu adalah seorang yang menguasai Information Technology (IT). Hingga akhirnya ia menjadi seorang hacker yang andal. Mereka telah melakukan beberapa aksi, seperti melakukan manipulasi printer melalui protokol komunikasi pusat dan berhasil menembus firewall keamanan tingkat tinggi dengan waktu 2 menit 23 detik.

Tak hanya itu, Benjamin beserta ketiga kepribadiannya membentuk sebuah klub yang bernama Clowns Laughing At You (CLAY). Klub tersebut memiliki arti badut menertawaimu. Kemudian Clay pun memiliki arti kesenangan.

Mereka terus-menerus melakukan aksi hacker. Hingga suatu hari Benjamin merasa cemburu, karena melihat cinta pertamanya Marie sedang bermesraan dengan Max. Karena rasa cemburu nya itu, Benjamin memberikan data karyawan rahasia European Union agency for Law Enforcement Corporation (Europol) kepada MRX (seorang super hero dari semua hacker). Sehingga, anggota hacker FR13NDS yang bernama Krypton terbunuh oleh hacker MRX.

Klub Clay diminta untuk bertanggung jawab atas terbunuhnya Krypton. Sebab klub Clay dituduh sebagai pembunuh Krypton. Akhirnya, klub Clay pun berencana ingin membongkar kejahatan yang dilakukan oleh MRX.

Namun, kehebatan MRX yang sangat sulit untuk ditandingi membuat Benjamin ketakutan. Ia pun menceritakan masalahnya kepada Kepala divisi Cyber di Europol Hanne Lindberg. Akan tetapi, Hanne merasa janggal dengan apa yang diceritakan oleh Benjamin. Hanne pun mendatangi dokter spesialis penyakit kepribadian ganda seperti yang dialami ibunya. Menurut dokter itu, Benjamin menderita penyakit empat kepribadian ganda. Penyakit tersebut diturunkan dari ibunya. Hanne pun menyadari bahwa ketiga temannya yang bernama Max, Stephan, dan Paul adalah cerminan pada diri Benjamin itu sendiri.

4. Split (2016)

Film bertema thriller psikologi ini bercerita mengenai seorang pria aneh yang memiliki 23 kepribadian ganda. Berbeda dengan film Sybil dan Who Am I, tokoh bernama Kevin Wendell Crumb mengidap penyakit kepribadian ganda ini cenderung berbahaya dan menyeramkan. Ia bisa berubah menjadi pribadi seorang perempuan, penjahat, anak kecil dan lain sebagainya.

Akan tetapi, ternyata masih ada satu kepribadian Kevin yang selama ini belum muncul ke permukaan. Untuk memunculkan kepribadian tersebut, ia memutuskan untuk menculik 4 orang gadis dan dijadikan ‘tumbal’ atau persembahan dalam menyambut kepribadian terakhir yang amat sangat menyeramkan. Misterius dan penuh ketegangan!

5. Glass (2019)

Glass adalah film thriller superhero psikologis Amerika Serikat tahun 2019 yang ditulis dan disutradarai oleh M. Night Shyamalan, yang juga diproduksi bersama Jason Blum, Marc Bienstock dan Ashwin Rajan. Film ini adalah crossover dan sekuel dari film-film Shyamalan sebelumnya, Unbreakable (2000) dan Split (2016), sebagai angsuran terakhir dalam trilogi Unbreakable alias Eastrail 177 Trilogy.

Film Glass merupakan kelanjutan dari film Split, di mana Kevin Wendell Crumb melarikan diri setelah menculik para gadis. Di film ini, kepribadian terakhir Kevin muncul dengan jiwa yang bisa berubah menjadi seorang monster. Kepribadian terakhirnya bernama The Beast.

Glass yang juga berkaitan dengan Unbreakable (2000), memunculkan kembali tokoh si ringkih, Mr. Glass yang diperankan Samuel L. Jackson dan Bruce Willis sebagai David Dunn, pria yang tak bisa luka.

Kisah Glass dibuka dengan kelanjutan cerita dari Split. Melihat aksi The Beast menculik 4 remaja yang dianggap tak pernah merasakan penderitaan untuk dijadikan mangsa bagi The Beast. Dunn pun berupaya menangkap figur manusia super yang ada di dalam diri Kevin, yaitu The Horde.

Di saat bersamaan, Dunn sendiri menjadi sosok kontroversial yang tengah diburu polisi. Keberhasilan dia untuk lolos hanya bergantung pada cara dirinya mempertahankan anonimitas. Dunn harus bergerak cepat untuk menemukan Crumb dan membebaskan empat remaja itu.

Hanya saja, pertarungan Kevin dan Dunn diketahui aparat setempat dan berakhir pada penangkapan keduanya. Dikira mengidap gangguan jiwa, mereka ditahan di Rumah Sakit Raven Hill Memorial Psychiatric Research, di bawah penanganan Dr. Ellie Staple (Sarah Paulson).

Itu dia film-film bertemakan penyakit kepribadian ganda. Adakah yang sudah kamu tonton?

Reporter: Indah Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini