Terinfeksi Virus Corona? Jangan Khawatir, Lakukan Hal Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada begitu banyak informasi mengenai infeksi virus corona, penyebab, gejala, dan cara mengobatinya. Perlu diketahui bahwa virus corona adalah kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernafasan.

Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga dapat menyebabkan infeksi pernafasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Meski telah ditemukan vaksin, nyatanya virus mematikan ini masih terus mengintai seluruh dunia. Untuk itu, bila Anda mengalami gejala, segera ambil tindakan pencegahan sejak hari pertama. Sebab hal ini dapat menyelematkan keadaan agar tidak bertambah buruk, sekaligus membatasi penyebaran infeksi.

Seperti yang disarankan oleh dokter, lebih dari 90 persen kasus COVID-19 dapat dengan mudah ditangani di rumah dan tidak setiap pasien memerlukan rawat inap. Bahkan dalam kasus dugaan virus corona, langkah-langkah yang diambil pada waktu yang tepat dapat mengurangi risiko. Dengan sumber daya perawatan kesehatan yang luar biasa, kesiapsiagaan dini dapat menyelamatkan keadaan agar tidak memburuk.

Jadi, apa langkah pertama yang harus dilakukan jika Anda terinfeksi virus corona? Apa yang harus Anda lakukan saat hasil tes Anda positif? Melansir Times of India, berikut anjuran dokter apabila Anda positif terinfeksi virus corona.

Jangan mengabaikan gejala

Hal pertama yang harus dilakukan adalah waspada terhadap kemungkinan tanda dan gejala. Ini adalah virus yang relatif baru dan tidak memiliki daftar gejala yang lengkap. Meskipun demikian, demam tinggi, hidung tersumbat, sesak napas, ruam kulit yang tidak biasa, berair, mata merah, muntah, nyeri otot, sakit tenggorokan, merupakan sederet gejala infeksi virus corona.

Kapan Anda harus menjalani tes?

Pengujian harus dilakukan berdasarkan prioritas. Meskipun bercak gejala bisa menjadi perhatian utama, perhatikan urutan kemunculan gejala Anda. Sayangnya, banyak juga yang dinyatakan negatif, bahkan dengan gejala karena tes yang dilakukan terlalu dini.

Masa inkubasi virus, yaitu waktu yang dibutuhkan dari tertular virus hingga timbulnya gejala adalah 2 hingga 14 hari. Waktu yang paling tepat untuk mengikuti tes ini adalah 3 hari setelah tanda-tanda infeksi mulai terlihat.

Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Karantina dan isolasi sebenarnya harus dimulai dari hari pertama Anda mulai melihat gejala dan jangan menunggu hasil tes keluar. Selain itu, kenakan masker dan jangan ada kontak dengan anggota keluarga di rumah. Meskipun ternyata Anda tidak terinfeksi virus corona, itu akan menjadi cara yang baik untuk menghentikan penyebaran penyakit menular dan mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan.

Jika Anda berbagi kamar, dan tidak dapat mengisolasi diri sendiri, karantina diri Anda di ruangan berventilasi baik yang memiliki kamar mandi berbeda. Jangan berbagi barang dengan anggota keluarga lainnya. Selain itu, orang-orang di sekitar Anda juga harus menjalani tes untuk menghindari risiko paparan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini