Keindahan pesisir pantai pulau Karimun Jawa (instagram @karimunjawaopentrip)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tidak suka liburan? Menikmati hari libur tanpa melakukan pekerjaan bersama orang-orang terkasih seperti keluarga, pasti menjadi hal yang menyenangkan. Namun, waktu liburan terlebih bersama keluarga atau sahabat memerlukan perencanaan biaya yang baik.

Salah satu alasan tertundanya liburan adalah tidak adanya biaya atau budget yang dibutuhkan. Dilansir Indonesia Trip Canvas, berikut beberapa tempat yang memiliki pemandangan Indah. Pastinya siap membuat Anda terpesona akan keindahannya namun tetap dengan biaya yang murah dan ramah di kantong.

1. Pulau Perak, Jakarta

Siapa sangka, kota Jakarta memiliki destinasi wisata yang siap memanjakan mata. Terletak di kepulauan seribu tepatnya berada di pulau harapan. Pulau perak adalah salah satu dari 23 pulau kecil lainnya yang masuk dalam wilayah administrasi pulau harapan.

Pulau Harapan memiliki luas sebesar 3,06 hektar dimana pulau ini tidak berpenghuni kecuali para penjaga yang menjajakan makanan dan minuman sebagai wadah usaha mereka. Semua itu juga diatur peruntugannua sebagai zona rekreasi atau pariwisata.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau ini seperti berkemah di pantai, bersantai dbawah sinar matahari, berenang, snorkling atau bahkan menyelam bersama teman. Jika ingin menyaksikan pemandangan pada saat matahari terbit, maka disarankan untuk menginap dan bermalam di lokasi dengan tenda yang anda bawa sendiri.

Biayanya juga terjangkau kok. Cukup membayar Rp 25.000 sebagai biaya keamanan. Selain itu Anda juga dapat menyewa perlengkapan snorkelling hanya dengan membayar Rp 35.000 perharinya termasuk kaki katak.

2. Pulau Karya, Jakarta

Terletak tak jauh dari Jakarta menjadikan pulau karya sebagai alternatif liburan yang minim budget selanjutnya. Di pulau karya, anda dapat berkemah di tepi pantai sambil menikmati angin pantai yang membuat Anda terlelap. Selain itu, Anda akan bangun dengan pemandangan alam yang seakan-akan belum tersentuh oleh siapapun.

Jangan lupa untuk membawa peralatan memasak untuk mempersiapkan sarapan pagi di pagi hari ya. Sebelum pergi berenang dan snorkling di lautan jernih yang dikelilingin oleh ikan warna-warni dan terumbu karang.

Untuk biayanya, berkemah dipantai dengan membawa tenda sendiri dikenai tarif sebesar Rp 35.000 per orang. Alternatif lain bagi kalian yang tidak ingin repot membawa tenda bisa bermalam di pulau pramuka. Tepatnya di Charlie Homestay yang akan dikenakan biaya sebesar Rp 300.000 untuk satu kamar yang berkapasitas hingga 4 orang.

3. Pantai Gigi Hiu, Lampung

Gugusan batuan kapur yang mirip seperti ikan hiu membuat pantai ini dinamakan dengan pantai Gigi Hiu. Fenemona ala mini dapat ditemukan di pesisir pantai selatan Sumatera yakni di Lampung. Batuan kapur runcing yang tersusun rapi, berjajar di lautan pantai seakan menyambut ombak yang datang dari laut ke pantai.

Jika Anda ingin bernang atau snorkling di pantai ini, maka harus menelan kenyataan pahit bahwa pantai ini tidak cocok untuk melakukan kegiatan tersebut. Hal ini karena derasnya aliran ombak yang cukup berbahaya jika diperuntukkan untuk kegiatan berenang atau snorkling.

Namun pemandangan yang ditawarkan pada pantai ini cukup mempesona. Keindahan pemandangan alam tropis Sumatera yang dikelilingi lautan biru nan luas dan tampak unik dengan batuan kapur yang berjajar rapi membuat Anda semakin kagum dengan alamnya Indonesia.

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang sangat suka tantangan. Untuk mencapai lokasi, diperlukan usaha ekstra terlebih saat musim hujan tiba karena pantai ini berada di lojasi yang tidak dekat dengan perkotaan.

Selain itu, anda juga perlu melalui jalanan batuan yang berliku dan cukup licin ketika musim hujan. Batuan ini cukup tajam dan perlu kehati-hatian yang tinggi untuk menginjaknya.

Tiket masuk untuk memasuki pantai yang unik karena batuan kapur yang berjajar ini hanya cukup mengeluarkan Rp 5.000 saja. Disarankan untuk membawa makanan ringan serta minuman dalam perjalanan.

Jangan lupa pastikan untuk meninggalkan pantai sebelum matahari terbenam karena cuaca yang dingin dan gelapanya malam disekitar batuan kapur.

4. Pantai Srau, Pacitan

Dikelilingi oleh pemandangan pegunungan hijau yang menyejukkan mata, tiga pantai ini dapat Anda temukan diantara bukit berbatu dan lautan biru yang memisahkan antar pulau. Sayangnya, tempat ini belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Di pantai Srau, Pacitan, Kamu dapat mengunjungi ketiga pantai dalam kurun waktu sehari. Pemandangan cantik dari laut seakan menyambut hangat kedatangan anda namun arus laut cukup kuat disini sehingga tidak disarankan untuk berenang.

Jika anda peselancar, anda akan menyukai pantai ini. Ombak yang tinggi memberikan wahana tersendiri bagi para peselancar ketika mengunjungi tempat ini.

Pantai Srau berlokasi di Candi Peringkuku, Candi Pacitan, Kabupaten Paciten, Jawa timur. Harga tiket masuknya juga terjangkau. Yaitu Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Disini juga tersedia tempat penginapan dimulai dari harga Rp 125.000 hingga Rp 250.000. Tempat penginapan tersebut berjarak sekitar 14 Kilometer dari pantai Srau dimana menghabiskan waktu sekitar 35 menit berkendara.

5. Pantai Menganti, Kebumen

Mirip dengan pemandangan di film

“Lord of the Rings”, pantai Menganti dikenal sebagai tempat yang siap menawarkan keindahan alam yang asri. Sayangnya, pantai ini tidak aman jika digunakan untuk berenang.

Pemandangan yang indah membuat pantai ini disebut-sebut sebagai permata yang tersembunyi di pulau Jawa. Disini Anda dapat beristirahat ditemani dengan pemandangan bukit hijau dan tebing nan elok yang dibatasi oleh pasir putih dan lautan biru.

Tak hanya itu, pantai tersebut juga menjadi tempat para nelayan berlayar untuk menangkap ikan dengan menggunakan perahu tradisional mereka yang bernama Jukung.

Perjalanan ke pantai Menganti membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari kota Kebuman. Anda akan melewati jalanan berliku dan cukup menanjak untuk mencapai lokasi. Meski begitu, dibalik perjuangan panjang dalam mencapai lokasi, semua akan terbayar lunas setibanya anda disana.

Kamu dapat menyantap hidangan laut di restaurant yang ada di lokasi dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk porsi 4 orang hidangan laut akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 saja. Artinya, hanya sekitar Rp 60.000 saja untuk menikmati lobster segar per orangnya.

Jika Kamu berniat untuk bermalam disana, maka tersedia hotel yang bernama Candisari Hotel Kebumen yang memiliki tarif sebesar Rp 220.000 per malam.

6. Pantai Nampu, Wonogiri

Airnya yang bersih dan pasir pantainya yang sangat lembut menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan yang asyik untuk dihabiskan bersama pasangan, sahabat maupun keluarga. Tidak banyak orang tahu lokasi pantai Nampu sehingga anda dapat menikmati keindahan alam disini dengan tenang dan jauh dari kata ramai yang bising.

Diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk dapat tiba di Pantai Nampu dari kota Wonogiri. Disini juga Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dari tempat penginapan yang sudah tersedia.

Selain itu, ketika air pasang rendah, penduduk desa setempat akan mengambil rumput laut dari tepi laut. Anda juga bisa manfaatkan ini dengan melakukan aktivitas memancing juga lho.

Memiliiki harga tiket masuk sebesar Rp 2.000 membuat pantai ini dapat dimasukin oleh kalangan manapun dan tersedia juga tempat penginapan berupa hotel yang ditaksir dengan harga Rp 300.000 per kamar.

7. Pantai Tikus, Bangka

Nama Pantai Tikus konon diambil karena tempat ini dulu dipenuhi oleh tikus sehingga Anda dapat menemukan patung tikus emas yang ada di pantai. Pantai tikus terbagi menjadi dua area.

Area pertama yakni terdapat sebuah resort dan spa dengan akses privat ke pantai beserta kolam renang. Anda dapat menikmati wahana di resort ini dengan hanya membayar Rp 30.000.

Sedangkan, di area lainnya, Anda dapat menemukan pantai yang tidak kalah cantiknya dengan area pertama. Di pantai ini, semua orang dapat menjangkaunya dengan gratis alias tidak dipungut biaya.

Batuan granit besar dengan bentuk yang unik di pantai dan kuil pagoda akan tersaji apik sebagai pemandangan yang elok di lokasi. Memandang pemandangan ini dari kejauhan dan ketinggian merupakan salah satu kegiatan yang dapat menjernihkan pikiran anda.

Pantai yang berlokasi di Parit padang, Sungai liat, kabupaten Bangka, Bangka Belitung ini juga memiliki dua tempat penginapan. Penginapan yang menghadap ke pantai langsung memiliki harga sebesar Rp 400.000, sedangkan penginapan satunya memiliki harga yang lebih murah yakni sebesar Rp 147.273.

Reporter : Fifi Zuniarti

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here