Ilustrasi teh pahit (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gaya hidup yang tak sehat dan sembarangan bisa membuat tubuh terjangkit berbagai macam penyakit, salah satunya ialah masalah pencernaan seperti diare. Hal tersebut sungguh akan sangat menganggu dan menghambat aktivitas.

Kalau sudah begini, tidak ada pilihan lain selain mengatasinya dengan tepat dan cepat. Namun terkadang, memilih obat-obatan kimia untuk mengehentikan diare membuat masyarakat berpikir dua kali lantaran takut akan efek samping yang didapat.

Maka, cara tradisional menjadi opsi paling tepat jika kamu tipe orang yang tak mau sering-sering mengonsumsi obat-obatan kimia. Salah satu cara yang masih digunakan banyak orang untuk mengatasi diare ialah meminum teh pahit.

Namun, apakah benar teh pahit bisa mengatasi diare?

Dilansir dari Dokter Sehat, para pakar mengatakan mengonsumsi teh pahit jauh lebih menyehatkan daripada meminumnya dengan gula. Nah, untuk diare, teh pahit faktanya bisa membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut lho!

Hal ini disebabkan adanya kandungan tanin yang akan memicu efek astringen yang akan mengurangi kadar air dalam kotoran sekaligus mengurangi keinginan untuk terus buang air besar.

Saat mengalami diare, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi teh pahit sebanyak 3 kali sehari. Ingat, jangan konsumsi terlalu berlebihan ya. Pasalnya, teh pahit tetap memiliki kandungan kafein dan bisa menyebabkan efek samping lainnya jika terlalu banyak dikonsumsi.

Selain itu, pastikan kamu mengonsumsinya dalam keadaan hangat dan tidak menggunakan es serta tambahan gula ya! Sebab, dikhawatirkan es yang digunakan mengandung bakteri lain yang bisa memperparah diare.

Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi air putih saat diare. Hal itu berguna untuk mengganti cairan yang terus keluar dari tubuh dan menghindarimu dari diare.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here