Tak Harus Salad, Ini 5 Menu Vegetarian ala Indonesia yang Enak Juga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak orang menolak menjadi vegetarian karena berpikir akan menemui jenis makanan membosankan seperti salad. Namun jangan khawatir, makanan para vegetarian tidak selalu salad. Jika kamu tertarik menjadi vegetarian cobalah untuk mengeksplor berbagai macam makanan vegetarian, salah satunya menu vegetarian ala Indonesia.

Banyak lho menu makanan Indonesia yang sederhana dan cocok untuk vegetarian. Simak beberapa di antaranya berikut ini:

1. Tumis kangkung

Mengutip eastwestseed.com, kangkung dkaya akan vitamin A dan sangat bagus untuk kesehatan kulit, rambut dan juga mata. Selain itu, kangkung juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat bagus melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Pengolahan Kangkung juga sangat mudah menjadi makanan sederhana namun lezat. Caranya:

Pertama tumis bawang merah, bawang putih dan cabai yang sudah diiris. Setelah warnanya berubah kecoklatan masukan kangkung yang sudah bersih dan juga sedikit air. Tambahkan garam dan bumbu penyedap lalu aduk rata hingga matang. Kangkung bisa pas saat makan dengan nasi hangat.

2. Asinan

Asinan merupakan salah satu makanan olahan dengan cara pengawetan. Biasanya terbuat dari buah-buahan seperti mangga muda, kedondong, nanas, bengkoang, ada juga yang terdiri dari sayuran seperti wortel, tauge, daun selada, kol, dan sebagainya.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Yaitu dengan merendam buah atau sayur ke dalam wadah berisi air garam, cuka, gula pasir atau gula merah. Rendam selama satu malam.

Jika ingin tersaji lebih segar masukkan ke dalam kulkas. Gampang kan?

3. Gado-gado

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Hampir mirip dengan salad dan mudah sekali ditemukan di setiap tempat di Indonesia, terutama kota-kota besar. Harganya pun sangat terjangkau.

Gado-gado biasanya terbuat dari berbagai sayuran seperti timun, tauge, bayam, kacang panjang, kol, dan tempe serta tahu goreng.

Berbeda dari salad, penyajian gado-gado dengan saus kacang, cabai, garam, gula, dan jeruk nipis. Sedangkan salad hanya mengandalkan mayonaise.

Biasanya makan Gado-gado dengan lontong dan kerupuk. Nikmat untuk vegetarian ala Indonesia.

4. Botok
Makanan ini sangat simpel dan sederhana sekali membuatnya. Makanan yang sangat dikenal warga Pulau Jawa itu berbahan utama kelapa.

Botok memang agak jarang dijual, tapi kamu bisa membuatnya karena caranya sangat gampang seperti berikut :
Parut beberapa kelapa sesuai kebutuhan kemudian peras hingga tersisa ampasnya, lalu bumbui hasil parutan kelapa dengan cabai, garam, merica, dan daun salam.

Bisa juga ditambahkan bahan makanan lain agar lebih bervariasi. Kemudian bungkus dengan daun pisang, lalu dikukus beberapa menit saja dan botok siap disajikan dengan nasi hangat.

5. Bacem Tahu dan Tempe
Makanan itu sangat mudah dibuat karena tidak perlu banyak bahan seperti berikut:
Potong tempe dan tahu dengan bentuk sesuai selera, kemudian masukan ke dalam panci berisi air yang telah diberi kecap dan ketumbar halus.

Setelah itu rebus hingga air bumbu meresap ke dalam tempe dan tahu. Memakan keduanya usai direbus atau digoreng terlebih dahulu.

Tempe dan tahu memiliki kandungan protein di dalamnya. Sangat pas sekali sebagai menu makan para vegetarian yang membutuhkan protein pengganti dari hewan.

Reporter: Dhelana Unggul Parastri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini