Sultan Wajib Tahu! Ini Cara Merawat Perhiasan agar Tetap Berkilau

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perhiasan merupakan aksesoris mewah yang digunakan baik pria maupun wanita sejak dahulu untuk menunjang penampilan mereka. Harganya yang tak murah menjadikan perhiasaan sebagai status sosial bagi siapapun yang memilikinya.

Namun, mempunyai perhiasaan super mewah bukanlah perkara mudah. Harganya yang fantastis membuat barang ini memerlukan perawatan khusus untuk menjaga keindahan dan kilauannya.

Bahkan, jika tidak rutin dibersihkan atau dipakai sembarangan, kilaunya bisa hilang. Bukan tidak mungkin nilainya bakal berkurang pula.

Maka, untuk kamu para sultan yang memiliki banyak perhiasan, kamu wajib tahu bagaimana cara membersihkannya dengan baik dan benar. Jangan sampai melakukan cara yang salah dan bisa berakibat fatal pada perhiasaanmu.

  1. Jauhi dari Sinar Matahari

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menjauhkan perhiasanmu dari sinar matahari. Sebab, cahaya dan panas sangat mempengaruhi kualitas serta warna batu permata pada perhiasan.

Jika tidak dijauhkan dari sinar matahari, lama-kelamaan perhiasan seperti ametis, kunzite, dan topaz pun bisa rusak. Sementara mutiara dan batu alam yang tak terlalu keras akan kehilangan warna di bawah sinar matahari yang berlebihan.

Selain suhu panas pada ruangan, yang harus diperhatikan lainnya adalah perubahan temperatur cuaca. Panas dengan mudah menghilangkan kelembapan alami batu alam tersebut. Mutiara bisa kering dan pecah. Sementara batu opal (kalimaya) bisa berubah dari putih menjadi kusam.

2. Lepaskan Perhiasaan saat Mandi dan Berenang

Cara lainnya untuk merawat perhiasaan tetap berkilau ialah melepaskannya saat hendak mandi dan berenang. Kamu gak perlu memakainya saat melakukan kedua aktivitas tersebut, karena gak ada yang lihat juga kok.

Ketika mandi atau berenang, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu perhiasan lainnya yang sedang kamu pakai. Sebab, kandungan kaporit di air keran dapat mengikis karat emas atau perak, sehingga bisa membuat kilaunya jadi hilang.

Begitu pula saat berenang. kandungan klorin di air kolam renang bisa menyebabkan efek yang sama dengan yang dilakukan zat di air keran.

3. Jangan Bersihkan dengan Deterjen

Hal fatal yang bisa berakibat buruk pada perhiasaanmu ialah membersihkannya dengan deterjen. Deterjen dikenal sebagai sabun pembersih dan memiliki zat yang terlalu keras apalagi untuk sebuah perhiasaan.

Metode paling aman yang digunakan untuk membersihkan perhiasan adalah membersihkannya dengan air hangat dengan sabun yang ringan. Caranya, rendam di dalam segelas air, bukan air mengalir untuk menghilangkan sisa sabunnya. Setelah itu, gosok dengan sikat gigi yang lembut atau kain microfiber untuk mengeringkannya.

4. Hindari Semprotan Parfum

Satu hal lagi yang perlu kemu perhatikan untuk menjaga perhiasaan ialah menjauhkannya dari semprotan, parfum ataupun hairspray. Zat kimia yang terkandung di dalam hairspray, parfum dan lotion dapat memengaruhi kilau emas, mutiara dan batu perhiasan lainnya yang memiliki warna.

Jadi, saat hendak menggunakan produk kecantikan tersebut, ada baiknya kamu tidak memakai perhiasaan terlebih dahulu ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini