Soal dan Jawaban Materi Mengenal Bagian Tumbuhan 4-6 SD di TVRI 24 November 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Mengenal Bagian Tumbuhan’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 24 November 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Apa fungsi bunga dan buah bagi tumbuhan?

a. Bunga
Bunga merupakan alat perkembangbiakan generatif tumbuhan. Bunga memiliki bagian-bagian berupa tangkai, mahkota, kelopak, benang sari (alat kelamin jantan), dan putik (alat kelamin betina). Bunga memiliki fungsi sebagai alat perkembangbiakan generatif tumbuhan, untuk menarik perhatian serangga agar dapat membantu proses penyerbukan, menghasilkan biji, sebagai wadah meyetunya gamet jantan (mikrospora) dan gamet betina (makrospora).

b. Buah
Buah merupakan bagian tumbuhan yang terbentuk dari hasil pembuahan serbuk sari dan sel telur. Buah memiliki fungsi sebagai cadangan makanan, sebagai alat perkembangbiakan, sebagai pelindung biji dari berbagai faktor yang dapat merusak biji, dan sebagai sumber vitamin bagi manusia dan hewan.

2. Jelaskan mengapa pohon kelapa dapat menjulang tinggi?
Pohon kelapa dapat menjulang tinggi karena akarnya panjang dan kuat sehingga dapat mengambil air dan mineral yang jauh di dalam tanah. Adanya tekanan dari akar, adanya sel-sel yang hidup, kapilaritas pembuluh serta adanya daya isap akar dan daun.

3. Apakah semua tumbuhan berkembang biak menggunakan bunga? jelaskan!
Tentu saja tidak. Karena ada tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif, yaitu perkembangbiakan tanpa melalui pembuahan. Jadi tidak semua tumbuhan memiliki bunga karena berkembangbiak secara vegetatif, tanpa pembuahan pada bunga. Misalnya cocor bebek lewat tunas adventif, lengkuas atau jahe lewat akar tinggal, bawang putih atau bawang merah lewat umbi lapis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini