Soal dan Jawaban Materi Main ke Kebun Raya 1-3 SD di TVRI 6 November 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Main ke Kebun Raya’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Jumat, 6 November 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Apa yang kamu ketahui tentang Kebun Raya?
Kebun botani atau kebun raya adalah suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk keperluan koleksi, penelitian, dan konservasi ex-situ atau di luar habitat aslinya.

Selain untuk penelitian, kebun botani dapat berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung.

Kebu Raya diperlukan sebagai ruang terbuka hijau untuk paru-paru kota, tempat penelitian dan konservasi tumbuhan langka yang hampir punah di Indonesia, tempat pariwsiata. Kebun Raya disebut juga banteng terakhir penyelamatan flora di nusantara.

Di Indonesia, pengembangan dan pengelolaan Kebun raya sepenuhnya berada di bawah otoritas ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

2. Coba ceritakan tentang Kebun Raya Bogor!
Kebun Botani Bogor atau lebih kita kenal dengan nama Kebun Raya Bogor pada awal mulanya digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Seiring dengan berjalannya waktu, pendirian Kebun Raya Bogor menjadi titik awal bagi perkembangan iptek di Indonesia dan digunakan sebagai sarana bagi ilmuwan dalam bidang botani di Indonesia pada tahun 1880 hingga tahun 1905. Kebun Raya Bogor menjadi pusat perlindungan keanekaragaman hayati Indonesia. Sebelum merupakan kebun raya bogor, kebun raya tertua ketiga di dunia itu merupakan taman belakang Kantor Gubernur Hindia Belanda (Buitenzorg) pada 1817.

Pada awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles tinggal di Istana Bogor Beliau memiliki ketertarikan dalam botani. Dia ingin memiliki sebuah kebun yangdi Istana Bogor. Dengan bantuan para ahli botani, W. Kent, yang ikut membangun Kew Garden di London, Raffles mengubah halaman istana Bogor menjadi taman bergaya Inggris klasik.

Pada 15 April 1817 Prof CGC, Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman mengusulkan kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Batavia GAGP. Baron van der Capellen untuk mendirikan suatu Kebun Botani sebagai lokasi penelitian tanaman pemerintah Hindia Belanda..

Kebun Raya Bogor yang memiliki luas mencapai 87 hektar. Kebun yang memiliki koleksi pohon dan tumbuhan sebanyak 15.000 jenis ini dijadikan sebagai tempat lokasi penelitian dan pengembangan tanaman bernilai ekonomi serta tanaman khas asli Indonesia.

Kebun Raya Bogor memiliki pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan Pustaka. Oleh karena itu setiap weekend (hari Sabtu Minggu) kebun raya Bogor sering dikunjungi sebagai tempat wisata dan juga sekaligus sebagai tempat edukasi bagi anak sekolah.

3. Sebutkan buah langka yang ada di Kebun Raya Bogor!
– Cempedak (Artocarpus integer) berasal dari pulau Sumatera
– Bisbul (Diospyros blancoi) berasal dari pulau Jawa, irian Jaya dan Filifina
– Burahol (Stelechorcapus burahol) berasal dari pulau Jawa dan Kalimantan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini