Soal dan Jawaban Materi Mengenal Bagian Tumbuhan 4-6 SD di TVRI 24 November 2020
Soal dan Jawaban Materi Mengenal Bagian Tumbuhan 4-6 SD di TVRI 24 November 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Ikan dan Budidaya Ikan’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 20 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Seseorang yang melakukan budidaya ikan nila, dapat mendatangkan sebuah keuntungan besar. Mengapa?
Budidaya ikan nila dapat mendatangkan keuntungan besar menjadikan karena selain nilai gizi dan beragam manfaat untuk konsumsi, ikan nilai juga memiliki poin penting di sektor ekonomi sebagai peluang usaha ternak yang menjanjikan.

Tak hanya itu budidaya ikan nila sangatlah mudah. Karena ikan nila dianggap cukup kuat terhadap gangguan penyakit yang biasa dialami oleh jenis ikan lainnya. Sehingga perawatan dan biayanya murah namun hasilnya sangat menguntungkan.

2. Bagaimana tips budidaya ikan mas agar menghasilkan panen yang melimpah?

a. Syarat budidaya ikan mas
Budidaya ikan mas dilakukan pada ketinggian 150-1000 meter dpl. Suhu ideal untuk pertumbuhan ikan mas berada pada rentang 20-25 derajat Celcius dengan PH air berkisar 7-8.

b. Persiapan Kolam
Bersihkan kolam dari penyakit dan parasit, hal yang pertama dilakukan adalah dengan mengeringkankan kolam ikan agar penyakit dan parasit dapat mati akibat paparan sinar matahari selama satu hari untuk kolam semen, dan 5-7 hari untuk kolam tanah.

Untuk dapat menambah makanan alami pada kolam, anda dapat mengkultur plankton dengan cara menambahkan pupuk organik atau pupuk kandang yang sudah matang sebagai makanan plankton. Dosis pupuk yang dapat diberikan yaitu antara 1-2 ton/ha.

Setelah diberi pupuk, isi kolam dengan air setinggi 15 cm, setelah warna air berubah menjadi hijau yang mengindikasikan bahwa ganggang dan plankton sudah tumbuh, isi kolam dengan air hingga ketinggian 120 cm

c. Menebar Bibit

Gunakan bibit ikan yang unggul agar resiko kegagalan dapat ditekan. Bibit ikan yang unggul memiliki ciri-ciri yaitu pergerakannya gesit, kulitnya mulus tanpa luka atau jamur dan parasit lainnya, berasal dari indukan unggul dan bersertifikat, serta nafsu makannya baik.

Sesuaikan jumlah bibit dengan luas kolam ikan, untuk jenis Ikan Mas Konsumsi anda harus menebarkan benih dengan kepadatan 20 ekor/meter2.

d. Pemberian Pakan
Anda dapat memberi pakan pada Ikan Mas anda dengan pakan pelet berprotein 25% dengan volume pemberian 3-4 % bobot ikan. Beri makan pada pagi dan sore hari secukupnya agar tidak meninggalkan sisa makanan yang berpotensi menimbulkan penyakit dan mengurangi oksigen akibat dari proses pembusukan.

e. Panen Ikan Mas
Ikan Mas dapat dipanen pada ukuran 300-400 gram/ekor, biasanya pada usia 6-8 bulan. Apabila ikan akan dijual maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menyortir pada ukuran konsumsi yang dikehendaki pasar.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here