Soal dan Jawaban Materi Cerita Ibu Diva dan Malin Kundang 1-3 SD di TVRI 14 Oktober 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Cerita Ibu Diva dan Malin Kundang’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Rabu, 14 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Apa yang harus kamu lakukan agar disayang semua orang? Berikan dua contohnya!
– Menyayangi semua orang
– Bersikap jujur
– Tidak sombong
– Tidak pilih-pilih teman
– Suka menolong
– Tidak membandingkan teman satu dengan yang lainnya
– Bersikap musyawarah

2. Pelajaran apa yang kamu peroleh dari kisah Malin Kundang?
– Menghormati Orangtua
Pesan moral dongeng Malin Kundang yang utamanya adalah wajib menghormati orang tua. Mulai dari menghargai hingga menyayangi harus dilakukan seorang anak kepada orangtua dalam keadaan hiduf maupun wafat.

– Tidak boleh berbohong
Di dalam dongeng Malin Kundang terdapat sebuah alur cerita di mana Malin ingin menikahi seorang perempuan. Namun ia berbohong dengan mengatakan bahwa ia berasal dari keluarga Ningrat dan Kaya. Bahkan di depan istrinya, ia tidak mengakui bahwa sang Ibu adalah ibu kandungnya.

– Tidak boleh lupa diri
Satu pesan morang yang cukup penting adalah tidak boleh lupa diri apabila sudah sukses. Hal ini dicerminkan dalam dongen Malin Kundang. Ketika Malin merantau dan meraih kesuksesan, ia melupakan siapa dia dan dari mana ia berasal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini