Simak, Ini 5 Manfaat Hubungan Seks untuk Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hubungan seks bagi pasangan yang sudah menikah merupakan bumbu-bumbu cinta untuk memperkuat ikatan antara dua orang dan memperat kedekatan, cinta dan kasih sayang di antara pasangan.

Berhubungan seksual dipercaya mampu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan masih banyak manfaat lainnya.

Berikut ini 5 manfaat yang bisa diperoleh dari berhubungan seks demi hidup lebih sehat:

1. Meningkatkan keintiman
Berhubungan seks adalah bagian normal dari hubungan yang sehat karena meningkatkan oksitosin. Jika melakukan hubungan seks secara teratur, maka itu akan sangat bagus untuk pasangan.

2. Mengurangi rasa cemas
Selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah, gairah seksual terbukti dapat menurunkan kadar hormon kortisol dan ini mungkin menjelaskan mengapa seks bisa terasa begitu menenangkan.

Itu sebabnya seks dapat mengurangi stres, kecemasan, serta meningkatkan suasana hati secara keseluruhan akibat pelepasan endorfin.

3. Membakar kalori
Seks memang tidak akan menggantikan rutinitas olahraga, tetapi bisa meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori.

Berdasarkan penelitian, pasangan heteroseksual berusia awal 20-an membakar antara 69-100 kalori selama berhubungan seksual. Jadi kita bisa membakar lebih banyak kalori, tergantung pada intensitas dan durasinya.

4. Meningkatkan imun tubuh
Diketahui wanita yang sering berhubungan seksual akan meningkatkan imun tubuh di mana terdapat imunoglobulin A dalam air liur. Namun sebaliknya, kekurangan imunoglobin A dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan tertentu seperti pneumonia, bronkitis, infeksi lain pada sinus, telinga, dan mata.

5. Mencegah hipertensi dan penyakit jantung
Berhubungan seks dapat melepaskan bahan kimia yang menurunkan stres dan kecemasan. Keduanya berkaitan dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi dapat memengaruhi jantung dalam jangka panjang.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Sleman Selenggarakan Job Fair

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka secara resmi penyelenggaraan job fair tahun 2024 bertempat di Atrium Sleman City Hall, pada Minggu (19/5). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman bersama Kepala Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhammad Yusuf.
- Advertisement -

Baca berita yang ini