Simak, 7 Tips Aman Kencan Online

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi panjang akibat virus corona membuat sejumlah tatanan kehidupan berubah, tak terkecuali urusan asmara, kencan misalnya. Dengan kecanggihan teknologi, internet, dan media sosial, kencan online telah menjadi norma baru di seluruh penjuru dunia.

Meskipun mendekati seseorang dan atau mengungkapkan cinta sempat menjadi tugas yang sulit luar biasa, hal tersebut menjadi mudah dan mengasyikkan seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, segala sesuatu di dunia ini memiliki pro dan kontra tersendiri, termasuk kencan di platform virtual.

Bagi Anda yang berniat untuk melakukan kencan online, ada baiknya Anda berhati-hati dan tidak mudah percaya. Pasalnya, bisa saja orang tersebut menggunakan identitas palsu untuk menjebak Anda. Bukan rahasia bila ruang digital telah menjadi tempat komunikasi yang berbahaya, terutama ketika Anda ingin menjalin hubungan asmara.

Oleh karena itu, ada banyak hal yang harus Anda ketahui, sebelum memutuskan untuk terjun ke kencan online. Untuk membantu Anda, berikut 7 cara agar kencan online Anda aman dan terjamin, seperti dilansir Times of India.

Jangan mengungkapkan terlalu banyak informasi, terutama tempat Anda tinggal

Meskipun kencan online itu nyaman dan mungkin memberikan Anda perasaan romantis, ia memiliki sifat buruknya sendiri. Ingat, Anda tidak perlu mengungkapkan segala identitas diri Anda kepada sosok yang baru Anda kenal dan belum pernah Anda temui sama sekali. Anda harus memastikan bahwa orang yang Anda ajak bicara bukanlah sosok palsu atau penipu, sebelum memberikan detail pribadi Anda kepadanya.

Sebelum bertemu langsung, coba dan pahami mereka di telepon

Jika memungkinkan, sebelum menjadwalkan pertemuan di dunia nyata, Anda harus belajar sebanyak mungkin tentang orang yang akan Anda ditemui di dunia maya ini. Ada banyak hal yang dapat Anda ketahui tentang orang tersebut dari cara dia mengirim pesan atau berbicara. Oleh karena itu, berbicaralah dengan mereka beberapa kali sebelum kencan di dunia nyata.

Buatlah pertemuan di depan umum

Jangan pernah bertemu orang baru di ruang pribadi, terlebih Anda mengenalnya melalui aplikasi kencan online. Penting bagi Anda untuk merencanakan pertemuan di tempat umum, agar aman dan terjamin. Anda tidak pernah tahu seperti apa orang asing itu.

Di mana pun Anda berencana untuk bertemu, ungkapkan lokasi Anda kepada seseorang

Jika Anda dan pasangan online Anda berencana untuk bertemu, maka Anda harus memberikan lokasi Anda kepada seseorang yang dapat Anda percayai, sehingga jika terjadi kesalahan, setidaknya satu orang mengetahui keberadaan Anda.

Atur transportasi Anda sendiri

Jangan menerima tawaran transportasi dari orang yang akan Anda temui. Ini merupakan pilihan yang aman untuk mengatur moda transportasi Anda.

Jangan berlebihan pada pertemuan pertama Anda

Ingatlah untuk santai pada kencan pertama. Meskipun ini mungkin tampak mendebarkan dan mengasyikkan, tidak perlu lengah dan berlebihan. Ingat, Anda tetap harus berhati-hati.

Berhati-hatilah dan selalu ingat dampak dari ‘kencan online’

Satu hal yang harus Anda ingat adalah dampak yang akan Anda hadapi akibat kencan online. Memang tidak jelas, tetapi tidak ada salahnya diperingatkan dan dipersiapkan untuk situasi terburuk. Itu tidak berarti Anda harus mundur dari kemungkinan, tetapi selalu penting bahwa Anda mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan waspada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini