Siap-siap Nonton! 26 Desember 2019 Fenomena Alam Langka Ini Bakal Muncul di Indonesia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Sebuah fenomena alam langka berupa Gerhana Matahari Cincin diprediksi bakal muncul di wilayah Indonesia pada 26 Desember 2019. Peristiwa ini diperkirakan akan mulai terlihat pada pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncaknya pada 12.17 WIB.

Meski begitu, tak semua wilayah dapat menyaksikan fenomena menarik ini. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), wilayah yang menjadi lokasi paling ideal untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin adalah Kabupaten Siak, Riau.

Kemudian, wilayah lain yang juga bisa mengamati fenomena ini adalah Padang Sidempuan, Sibolga dan sebagian Kalimantan Barat bagian utara seperti Kabupaten Singkawang.

Sementara masyarakat di Pulau Jawa hanya dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian yang mencapai 70-80 persen. Di Bandung misalnya, bulan hanya akan menutupi permukaan matahari hingga 70 persen.

Sementara di wilayah Jakarta, bulan hanya akan menutupi permukaan matahari sekitar 72 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini