Sering Bawa Ponsel ke Toilet? Awas, 5 Bahaya Ini Mengancam Kamu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ponsel pintar atau smartphone sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Apalagi di zaman serba elektronik ini sudah dapat melakukan banyak hal mulai dari bertelepon hingga transaksi.

Ada banyak penelitian sekarang yang mengaitkan penggunaan smartphone yang berlebihan dan kecanduan dengan kesehatan. Apalagi buat Kamu yang tidak bisa pergi ke kamar mandi tanpa ponsel.

Ada ada beberapa risiko yang harus Kamu pertimbangkan. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan kita, tetapi juga memengaruhi pikiran kita dan seberapa baik kita bekerja.

Dilansir dari Bright Side, Sabtu 10 oktober 2020, terdapat penelitian terkait penggunaan ponsel cerdas Kamu saat berada di toilet. Simak penjelasan berikut ini:

1. Bisa menyebarkan banyak bakteri berbahaya.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa ponsel lebih kotor daripada dudukan toilet itu sendiri, fakta yang cukup menjijikkan. Bahkan, bakteri Escherichia coli (E.coli) ditemukan di ponsel selama penelitian terhadap anak-anak sekolah menengah.

Bakteri berbahaya ini terkait dengan masalah usus seperti keracunan makanan, tapi itu bukan satu-satunya bakteri berbahaya yang dapat Kamu temui di kamar mandi.

2. Memungkinkan Kamu terkena wasir.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi hubungan ini, kasus wasir telah meningkat sejak diperkenalkannya smartphone. Oleh karena itu, fokus dengan ponsel kita di toilet kadang-kadang bisa membuat santai, itu mungkin menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang tidak nyaman.

3. Bisa membatasi kapasitas berpikir kita.

Ponsel benar-benar mengganggu konsentrasi dan pemikiran kita. Otak kita juga butuh waktu beristirahat dalam artian mengosongkan pikiran kita, hal ini salah satunya terjadi saat kite menggunakan toilet. Ini berarti membawa ponsel kita ke kamar mandi menghilangkan istirahat berharga yang dibutuhkan pikiran kita.

4. Menyebabkan disfungsi dasar panggul.

Menghabiskan waktu lama di toilet sambil terganggu oleh sel-sel kita bisa menimbulkan masalah bagi otot kita. Secara khusus, organ tubuh kita seperti usus, kandung kemih, dan vagina bisa tergelincir karena otot dasar panggul tidak lagi cukup kuat untuk menopangnya. Ini terjadi karena postur tubuh kita saat duduk di toilet, terutama jika kita membungkuk dalam waktu lama.

5. Meningkatkan ketergantungan Kamu pada telepon Kamu.

Meskipun ponsel cerdas menghubungkan kita ke dunia seperti yang tidak dapat dilakukan orang lain, ponsel cerdas juga sangat membuat ketagihan. Faktanya, 1 dari 10 milenial sebenarnya lebih suka kehilangan jari daripada sel mereka. Ini jelas bukan pertanda baik karena ini menunjukkan bahwa kita sudah mulai mematikan lingkungan kita.

So, jangan membawa ponsel ke toilet ya…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini