Selamat Hari Kartini! Ini Sederet Film tentang Emansipasi Wanita

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tepat hari ini, 21 April 2021, wanita di seluruh Indonesia memperingati Hari Kartini. Hari Kartini selalu menjadi momen spesial terutama untuk para kaum Hawa.

Hari Kartini memiliki makna bahwa perempuan juga memiliki hak dan kekuatan untuk mewujudkan impian mereka. Nah, dari kegigihan dan semangat seorang Kartini memperjuangkan hak wanita, membuat para sineas perfilman terinspirasi dan membuatnya sebagai sebuah cerita.

Bertepatan di Hari Kartini ini, kamu bisa ikut merayakannya dengan cara menonton film. Biar Hari Kartini kamu semakin berwarna, yuk simak deretan film tentang emansipasi wanita.

  1. Kartini (2017)
Film Kartini

Film pertama yang bisa kamu saksikan ialah Kartini. Tentu rasanya tak afdol tidak menyaksikan film Kartini di hari spesial ini.

Kartini merupakan film garapan Hanung Bramantyo dan sukses dimainkan oleh Dian Sastrowardoyo, Ayu Sitha dan Acha Septriasa. Film ini mengisahkah usaha Kartini dalam mengangkat derajat perempuan dan melawan kasta sosial di era kolonialisme.

2. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Perempuan Berkalung Sorban

Selanjutnya yang masih mengisahkan emansipasi wanita ialah Perempuan Berkalung Sorban. Masih dari garapan Hanung Bramantyo, film ini menceritakan sosok wanita bernama Anissa, yang selalu ditentang oleh ayahnya dan diperlakukan berbeda hanya karena terlahir sebagai perempuan.

Anissa pun terus mempertanyakan mengapa wanita selalu dikekang dan jauh dari kata kebebasan. Film ini cocok banget kamu saksikan di Hari Kartini ini.

3. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Marlina si Pembunuh Empat Babak

Film yang banjir penghargaan ini juga bisa kamu nikmati di Hari Kartini. ‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’ menceritakan petualangan Marlina, seorang janda yang diserang oleh segerombol perampok keji. Bukannya menyerah ia melawan dan dimulailah kisah pilunya saat mencari keadilan.

Kegigihan sosok Marlina dalam menemukan keadilan untuk dirinya patut diapresiasi. Di film ini, kekuatan dan emansiapasi seorang wanita akan sangat terasa.

4. Athirah (2016)

Athirah

Satu lagi film yang menggambarkan emansipasi wanita ialah Athirah. Athirah merupakan film biografi yang menceritakan perjalanan hidup Athirah Kalla, ibunda mantan wakil presiden Jusuf Kalla. Film ini diangkat dari novel semi biografi tulisan Alberthiene Endah.

Film ini mengisahkan intrik kehidupan Athirah yang muncul saat sang suami menikahi perempuan lain. Film ini juga menyoroti kegundahan hati Jusuf Kalla yang bingung harus memihak sang ibu yang dia cintai atau sang ayah yang ia kagumi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini