Selain Menghilangkan Stres, Hobi Memelihara Ikan Cupang Bermaanfaat Bagi Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ikan Cupang merupakan ikan hias yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Memelihara Ikan Cupang tidak hanya sebagai hiasan semata. Ikan yang memiliki bentuk dan karakter unik ini laris diburu pecinta Ikan Cupang. Selain bentuk dan karakternya yang unik, Ikan Cupang juga ternyata bermanfaat jika kita memeliharanya.

Ikan Cupang memiliki jenis yang berbeda. Biasanya peminat Ikan Cupang memelihara karena karakter yang dimiliki ikan tersebut menarik dan indah dipandang. Namun, tahukah Anda ? Ikan Cupang memiliki manfaat bagi kesehatan diantara nya sebagai berikut:

1. Dapat Mengurangi Stres

Ikan Cupang ternyata dapat mengurangi stres yang sedang dialami. Ikan yang masuk dalam kategori Actinopterygii atau ikan bersisip kipas ini juga serasa membawa nuansa alam yang indah ke dalam rumah. Dengan melihat gerak–gerik serta warna yang mencolok dari ikan tersebut membuat pikiran kita lebih tenang. Sehingga tubuh kita menjadi lebih rileks begitu juga dengan pikiran kita. Selain itu Ikan Cupang juga dapat meningkatkan produktivitas seseorang dengan kadar stress yang rendah. Dengan begitu memelihara Ikan Cupang dirumah dapat mengurangi stres serta membuat kita merasa terhibur dengan kehadiran ikan tersebut.

2. Meredakan Kecemasan
Melihat akuarium yang berisi Ikan Cupang didalamnya juga dapat meredakan kecemasan. Ketika kita sedang cemas biasanya respons tubuh menjadi tidak tenang atau gelisah. Namun, melihat efek suara gelombang Ikan Cupang didalam akuarium dapat meredakan rasa cemas yang sedang dialami dengan sensasi lebih tenang. Menurut studi yang telah dilakukan pada akhir tahun 90-an telah membuktikan bahwa akuarium yang berisi Ikan dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan yang sedang dialami seseorang, sebab konon katanya manusia merupakan makhluk yang sangat bergantung pada air.

3. Bebas dari Penyakit
Memelihara Ikan Cupang juga membuat kita terbebas dari penyakit. Penyakit tersebut misalnya malaria atau demam berdarah. Biasanya penyakit tersebut sisebabkan oleh jentik nyamuk yang merupakan salah satu jenis makanan Ikan Cupang.

Tetapi cara yang digunakan sedikit berbeda, yaitu dengan memasukkan Ikan Cupang ini kedalam bak mandi serta tempat yang dijadikan sebagai penampungan air terbuka. Sehingga, Ikan Cupang itu akan memakan jentik – jentik yang dapat memicu penyakit yang disebutkan. Terbukti berdasarkan hasil riset, Ikan Cupang lebih efektif menjadi predator alami jentik – jentik nyamuk.

4.Mengatasi Rasa Bosan
Seseorang seringkali memiliki rasa bosan dan kesepian sehingga dapat mempengaruhi pikiran serta kesehatannya. Mengatasi rasa bosan itu juga cukup sulit tergantung bagaimana seorang tersebut menanggapinya. Salah satu cara mengatasi rasa bosan yaitu dengan melakukan kegiatan positif. Namun, ternyata dengan memelihara Ikan Cupang, rasa bosan dan kesepian itu dapat teratasi. Selain melakukan kegiatan – kegiatan positif. Karena Ikan Cupang dapat dijadikan sebagai teman disela waktu sedang bosan dengan cara merawat dan memperhatikan Ikan Cupang yang dipelihara.

5. Membuat Tekanan Darah Stabil
Menurut studi memandangi Ikan Cupang bisa menstabilkan tekanan darah. Bukti nyatanya adalah Ikan hias didalam akuarium banyak ditemukan di ruang tunggu restoran, rumah sakit dan hotel. Warna dari Ikan Cupang yang mencolok dapat melepaskan hormon dopamin sehingga dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan senang bagi seseorang. Begitu juga dengan memelihara nya di rumah. Sebagian besar dokter dan psikolog ternyata merekomendasikan pasiennya untuk memelihara ikan agar dapat menciptakan suasana yang santai. Karena Ikan Cupang sendiri memiliki ketenangan, sehingga jika kita melihatnya akan terbawa dengan suasana tersebut.

Itulah beberapa manfaat memelihara Ikan Cupang bagi kesehatan. Selain bermanfaat, memelihara Ikan Cupang juga tidak membutuhkan biaya yang besar karena perawatannya relatif lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak ruang. Ikan Cupang yang dipelihara juga dapat sesuai dengan selera kita masing – masing tergantung dengan karakter ataupun warna yang kita sukai

Reporter: Reygitha Laura

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini