Selain Klepon, Ini Lho 5 Jajanan Pasar Khas Indonesia yang Mendunia, Mana Favoritmu?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kue Klepon mendadak hits lagi usai disebut tak islami oleh seorang pengguna Twitter. Gara-gara anggapan tak islami itu, kue klepon pun ramai diperbincangkan.

Namun terlepas dari kehebohan itu, kue klepon sendiri sudah sejak lama lho difavoritkan masyarakat Indonesia. Kudapan tradisional yang banyak dijajakan di pasar ini bisa dibilang legendaris lho gaes. Sudah ada sejak tahun 1950-an.

Kue ini pertama kali diperkenalkan oleh seseorang dari Pasuruan, Jawa Timur. Dulunya, kue satu ini jadi menu yang banyak ditawarkan di restoran-restoran Indonesia-Belanda dan Tionghoa. Seiring waktu, klepon justru banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional dan kedai-kedai kue kecil.

Klepon menjadi salah satu kue tradisional khas Indonesia yang popularitasnya sudah mendunia lho. Kue satu ini juga seringkali dipromosikan oleh pemerintah ke berbagai negara sebagai salah satu kuliner kebanggaan Indonesia.

Selain klepon, masih ada lagi 5 jajanan pasar lain yang namanya sudah mendunia. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Lapis Legit

Kue lapis legit ternyata tak hanya populer di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Sesuai namanya, kue satu ini punya rasa manis yang khas. Konon, menurut kepercayaan orang zaman dulu, kue lapis legit melambangkan rezeki. Karena itu selalu ada saat perayaan imlek orang-orang Tionghoa.

2. Putu Mayang

Kue satu ini punya bentuk dan warna yang khas. Terbuat dari ubi, putu mayang dikonsumsi dengan santan gula jawa atau parutan kelapa. Duh sedap banget!

3. Getuk

Kue satu ini juga sudah mendunia lho gaes. Getuk terbuat dari singkong dan dikonsumsi dengan taburan kelapa di atasnya. Nikmat banget kalau disantap bersama teh hangat.

4. Bika Ambon

Nama kue satu ini sering bikin orang terkecoh. Bukan dari Ambon melainkan dari Medan. Kue ini pertama kali diproduksi dan populer di simpang Jalan Ambon-Sei Kera, Medan. Karena itu, kue ini dikenal dengan sebutan bika ambon.

5. Cucur

Rasa manis yang khas, bikin kue cucur disukai banyak orang. Meski terlihat sederhana, kue satu ini bisa dikatakan masterpiece-nya kue tradisional dari Jawa gaes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini