MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejak dahulu kumis sudah menjadi kesan bagi seorang pria. Tak tanggung-tanggung, terkadang para pria ini sampai membentuk kumis dengan ciri khasnya masing-masing.

Siapa yang tak kenal dengan Charlie Chaplin. Pelawak terkenal asal Amerika ini dikenal karena ciri khas kumisnya. Nah berikut ini selain Chaplin, ada beberapa tokoh-tokoh dunia yang memiliki kumis yang unik pada masanya. Bahkan ada yang sampai merawat kumisnya itu agar tetap memili ciri khas hingga dikenal hingga sekarang.

1. Adolf Hitler

Dikenal sebagai Pemimpin Nazi Jerman pada Perang Dunia II. Hitler memiliki kumis sikat gigi yang unik. Kumis milik pemimpin Nazi ini rupanya menyita perhatian dunia. The World Star mengungkap Hitler dan kumis khasnya berawal dari Perang Dunia I, saat Hitler yang saat itu masih menjadi prajurit Jerman memiliki kumis yang tebal melintang serta lengkap dengan ujungnya yang sedikit lancip.

Hingga pada suatu hari pasukan Jerman mendapat serangan gas beracun dari para sekutu dan mengharuskan semuanya memakai masker anti gas.

Hitler yang pada waktu itu memiliki kumis yang melintang pun susah untuk memakai masker tersebut sehingga masker tidak tertutup rapat. Alhasil, Hitler harus menahan napas hingga serangan itu berakhir. Dari pengalamannya itulah akhirnya Hitler memutuskan memangkas hampir semua kumisnya dan menyisakan di bagian tengahnya.

Setelah perang dunia I berakhir, Hitler pun tetap mempertahankan ciri khas kumisnya.

2. Ambrose Burnside

Ambrose Everett Burnside adalah seorang tentara, penemu, industrialis, dan politikus Amerika Serikat dari Rhode Island. Ia menjabat sebagai gubernur dan senator. Sebagai jenderal selama Perang Saudara Amerika, ia berhasil memenangkan beberapa kampanye militer di Carolina Utara dan Tennessee Timur, tetapi ia dikalahkan dalam Pertempuran Fredericksburg dan Pertempuran Kawah. Ia memiliki kumis unik di mana kumisnya melebar ke kedua sisinya. Sekarang ini kumis tersebut lebih dikenal cambang.

Burnside sering menata kumis lebarnya hingga melebar ke sisi wajah dan menyatu dengan cambangnya.

3. Wiliam Hoard Taft

Presiden Amerika Serikat yang ke-27 yang juga seorang pionir dalam bidang arbitrasi internasional ini memiliki kumis yang dijuluki dengan “stang klasik”. Kumis tebal ini memiliki lengkungan ke atas dan menyerupai stang. Berkat kumis uniknya itu Hoard masuk dalam American Mustache Institut

4. Salvador Dali

Siapa yang tak kenal dengan Salvador Dali. Pelukis terkenal dari Spanyol ini dikenal lewat karya-karyanya yang surealis. Sama dengan Hoard, kumis yang dimiliki oleh Dali juga unik. Ia berhasil masuk ke dalam American Mustache Institut. Ciri khas Dali adalah kumis yang memiliki lengkungan tajam ke atas ini dijuluki dengan “kumis lilin”.

5. Groucho Marx

Groucho memiliki kumis lebarnya yang unik. Bahkan American Mustache Institut memasukkannya ke dalam kategori “walrus” atau “chevron”.

Karena kumisnya uniknya ini, Groucho berhasil menjadi salah satu komedian terbaik Amerika Serikat pada masanya. Sebagai komedian, Ia juga kerap menambahkan aksesoris lain seperti kacamata dan alis dalam penampilannya untuk memberikan kesan nyentrik.

(Fitria Nur Rahmawati)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here