Kemerdekaan Indonesia

MATA INDOENSIA, JAKARTA – Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia memang selalu dinantikan masyarakat tanah air. Pasalnya, di momen bersejarah ini, banyak aktivitas yang dilakukan untuk memeriahkannya. Bahkan, tak cuma di tanggal 17 Agustusnya saja, perayaan kemerdekaan kerap berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 ini, rakyat Indonesia seakan dipaksa untuk menahan hasrat memeriahkan momen dirgahayu Indonesia. Meski demikian, jangan berkecil hati ya. Yuk simak momen-momen paling dirindukan saat perayaan 17 Agustus.

  1. Upacara kemerdekaan 

Tepat di hari kemerdekaan, rakyat Indonesia akan melaksanakan upacara kemerdekaan, baik di wilayah rumah, sekolah sampai di istana negara. Upacara bendera dalam memperingati hari kemerdekaan menjadi salah satu upacara yang penuh khidmat.

Apa boleh buat. Kalau dulu kita berkeluh kesah karena harus berpanasa-panasan di lapangan karena melaksanakan upacara kemerdekaan, kini momen tersebut paling sangat dirindukan.

2. Lomba Hias Gapura

Kegiatan ini pasti yang di nanti bapak-bapak di setiap wilayah. Pasalnya, mereka jadi bisa berkumpul sembari menghiasi gapura dengan nuansa kemerdekaan. Aktivitas ini biasanya dmulai dengan menghias gapura dengan warna merah putih. Kemudian dilengkapi dengan burung garuda dan tulisan ‘Dirgahayu Indonesia’. Gak cuma hias gapura, bapak-bapak juga kerap memasang umbul-umbul untuk memeriahkan wilayah mereka. Jadi kangen ya.

3. Serba-serbi Lomba Anak-anak

Sepertinya ini momen yang paling di rindukan, yaitu menyelenggarakan lomba anak-anak semeriah mungkin. Seperti, lomba makan kerupuk, lomba kelereng, memasukan jarum ke botol, lomba estafet air, hias sepeda dan lain sebagainya.

Nggak cuma di kampung-kampung, kegiatan lomba anak-anak ini juga kerap diselenggarakan di daerah perkotaan besar, hingga di institusi untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

4. Karnaval Sepeda Hias

Gak afdol rasanya jika hari kemerdekaan gak dibarengin dengan karnaval sepeda hias ya. Kegiatan seru ini biasanya paling digemari anak-anak karena jadi ajang kreativitas untuk mempercantik sepeda mereka.

Bnetuk-bentuk hiasannya pun beragam, mulai dari bentuk kapal tank, tulisan-tulisan unik hingga membentuk wajah tokoh idola. hmm, jadi makin kangen ya.

5. Mengibarkan Bendera di Gunung dan Laut

Terakhir, momen yang paling dirindukan saat perayaan Agustusan ialah mengibarkan bendera di gunung dan laut. Tetunya kamu pernah dong melihat anak muda Indonesia yang rela mendaki gunung dan menyelami lautan untuk mengibarkan sang saka merah putih.

Di momen Agustusan tahun ini, aktivitas tersebut tentu harus di urungkan ya. Namun sejatinya, kemerdekaan itu bukan hanya dari bentuk perayaannya aja kok. Menjaga dan menjadi rakyat yang berguna bagi bangsa juga sebagai bentuk perayaan kita d hari kemerdekaan Indonesia.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here