Ilustrasi berdoa

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebentar lagi, umat Muslim di seluruh dunia akan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H. Dalam kalender Masehi di tahun ini, 1 Muharram akan jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020 mendatang.

Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah dan merupakan bulan yang diyakini penuh dengan keberkahan. Bulan Muharram oleh kamu Muslimin juga disebut Syahrullah atau ‘bulan Allah’.

Nah, di tahun baru islam ini dapat dijadikan sebagai waktu untuk muhasabah dan introspeksi diri atas apa yang sudah kita perbuat selama satu tahun ini. Sembari, bermuhasabah, kita umat Muslim juga sangat dianjurkan untuk berdoa.

Setiap Muslim diseluruh dunia sangat disarankan untuk banyak berdoa menyambut bulan Muharram ini. Umat Islam bisa memanfaatkan momen ini untuk memanjatkan doa akhir dan awal tahun baru Islam. Doa tersebut dapat berisi rasa syukur dan harapan kepada Allah SWT.

Doa akhir tahun dapat dibaca tiga kali pada waktu setelah Ashar hingga sebelum adzan Magrib pada hari sebelum 1 Muharram. Lalu, doa awal tahun dapat dibaca tiga kali setelah salat Magrib pada malam 1 Muharram.

Berikut adalah doa akhir dan awal tahun baru Islam:

  1. Doa Akhir Tahun Hijriah

Allahumma ma ‘amiltu min ‘amylin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fina alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘ala uqubati ala ma shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma ‘amiltu fiha mimma tardha, wa wa’attani ‘alaihits tsawaba, fa’as’alu ka an tataqabbala minni wa la taqtha raja’i minka ya karim.

“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu, sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk bertaubat, sementara aku menerjangnya yang berarti aku mendurhakai-Mu.

Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku,aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

2. Doa Awal Tahun Hijriah

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu’awwal. Hadza amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fihi minas syaithani wa auliyah’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis sul, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

“Tuhanku, kau yang abadi, Qadim dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini.

Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahau Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here