(Foto: The Spruce)

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Meski Anda kerap bertemu klien atau rekan kerja, bertemu dengan calon mertua tetap menyimpan rasa yang berbeda. Ada rasa grogi, canggung, kelu, cemas, tegang, dan banyak pertanyaan menghampiri.

Bahkan ketegangannya konon melebihi saat menghadapi wawancara kerja atau sidang skripsi. Banyak dari kita yang tentu khawatir calon mertua memiliki kesan buruk dan pahitnya adalah hubungan Anda dan kekasih tak direstui.

Nah, agar mimpi buruk tersebut tak menjadi kenyataan, melansir Times of India, berikut beberapa rahasia yang dapat digunakan untuk menaklukkan hati calon mertua:

Tanyakan tentang kehidupan mereka

Orang tua pasangan Anda akan tersentuh ketika Anda bertanya mengenai kehidupan yang telah mereka jalani dan pengalaman masa kecil mereka.

Pilih pakaian yang sopan dan sederhana

Anda tentu ingin tampil menawan dengan pakaian yang Anda kenakan. Namun, ketika Anda bertemu dengan calon mertua, bukanlah pakaian mahal dan mewah yang paling utama, melainkan pakaian yang sopan.

Makanlah sebelum Anda bertemu calon mertua

Jaga agar perut Anda sedikit kenyang, ini penting. Karena bisa saja ketika Anda berbincang-bincang dengan calon mertua, perut Anda justru ‘bernyanyi keroncongan’. Jelas hal ini akan membuat Anda malu, terlebih jika ini merupakan pertemuan pertama Anda.

Berikan hadiah kecil

Pakaian sopan, cek, makan sebelum bertemu calon mertua, cek. Selanjutnya Anda dapat membawa sedikit bingkisan untuk calon mertua Anda, seperti bunga atau buah. Anda juga bisa bertanya dengan kekasih Anda, makanan atau buah favorit orang tuanya.

Bicarakan tentang keluarga Anda

Bagikan detail tentang kehidupan dan keluarga Anda dengan mereka karena mereka perlu mengetahui tentang latar belakang Anda. Jangan lupa, Anda harus jujur dalam memberikan jawaban.

Tawarkan bantuan

Bersikaplah sopan dan jangan ragu untuk menawarkan bantuan, seperti misalnya menyiapkan makan siang atau malam, bila kebetulan Anda bertemu di rumah. Anda juga bisa menawarkan diri untuk mencuci piring.

Jangan pilih-pilih

Usahakan untuk tidak pilih-pilih mengenai makanan dan minuman pada pertemuan pertama. Cobalah untuk menghargai apa yang telah disiapkan untuk Anda, kecuali bila Anda memiliki masalah yang serius seperti alergi.

Sabar

Selama bincang-bincang, mungkin ada hal-hal tertentu yang tidak Anda setujui. Namun, bersikaplah sopan saat menangani masalah tersebut. Lebih baik meredam debat di pertemuan pertama.

Jadilah dirimu sendiri

Jangan berpura-pura menjadi orang lain untuk membuat calon mertua Anda terkesan. Ingat tak satu pun manusia di dunia ini yang sempurna. Menjadi diri sendiri lebih menyenenangkan bukan?

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here