Perkenalkan Air Terjun Cunca Siwa, Surga di Belantara Manggarai

Baca Juga

MATA INDONESIA, MANGGARAI – Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) juga memiliki banyak obyek wisata yang menarik. Salah satunya adalah Cunca Siwa. Cunca berarti air terjun.

Air terjun ini berada di bawah lembah curam (tengku) dan tersembunyi di balik pepohonan rindang hutan Sambor, Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat, Manggarai.

Air terjun ini cukup unik, berbeda dengan air terjun lainnya. Air yang jatuh tampak seperti sutra halus terurai panjang membalut dinding tebing berlumut hijau. Air terjun ini memiliki ketinggian 80,3 meter. Sumber airnya berada 4 km dari air terjun.

Air terjun Cunca Siwa memiliki kolam berukuran 5×10 meter dan kedalamannya mencapai 5 meter. Di sekitar lokasi, ada pohon-pohon besar yang menjadi tempat berdiam burung endemik “Lawe Lenggong”.

Pemandangannya yang indah dan eksotis tentu menjadi area yang tepat untuk berselfie atau berwifie ria.

Sayangnya jalur ke lokasi air terjun masih belum dikelola dengan baik. Separuh dari perjalanan masih rusak dan sekitar 2 km menuju destinasi jalanannya masih beralaskan tanah. Jaraknya 40 km dari kota Reo. Kalau menggunakan sepeda motor bisa memakan durasi 2 jam perjalanan.

Untuk masuk ke air terjun, kamu harus menuruni medan terjal. Seterusnya kamu akan berpijak pada tanah lembab dan sedikit bebatuan. Ada beberapa kali juga Anda bakal meraih akar pohon besar sebagai pijakan. Dapat dibayangkan betapa sulit perjalanan baliknya mendaki jalur trekking dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat selama 20 menit. Namun rasa lelah bakal terbayar lunas, begitu kaki Anda benar-benar menjejal tepi air terjun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini