Penyebab Deja Vu Terjadi, Tubuh Kamu Isyaratkan 6 Hal Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Kamu megalami deja vu? Itu lho, fenomena yang Kamu ingat seperti sudah pernah Kamu lakukan sebelumnya.

Secara harfiah, deja vu yang berasal dari bahasa Prancis berarti ‘pernah dilihat’. Hal ini kerap dianggap sebagai fenomena merasakan sensasi kuat bahwa suatu peristiwa atau pengalaman yang saat ini sedang dialami sudah pernah dialami di masa lalu.

Dilansir dari Bright Side, meskipun tampaknya jarang terjadi, 60-80 persen orang pernah mengalami deja vu. Tetapi, bagi sebagian orang, ini dapat berarti bahwa ada kondisi yang mendasari tubuh Kamu mengirimkan sinyal untuk memperingatkan Kamu.

Pengalaman ini ternyata deja vu ada penyebabnya dan menandai kondisi badan Kamu. Simak ulasan berikut!

1. Artinya Kamu masih muda.

Pengalaman pertama dengan deja vu paling sering terjadi pada anak-anak yang berusia 10 tahun atau lebih muda (hanya beberapa di bawah 6 tahun yang memiliki deja vu). Namun, periode ketika hal itu paling sering terjadi adalah antara usia 15 dan 25 tahun. Setelah itu, kejadian tersebut mulai berkurang seiring bertambahnya usia.

2. Artinya otak Kamu sedang bekerja.

Karena mengalami deja vu menjadi semakin jarang seiring bertambahnya usia, ini membingungkan beberapa ilmuwan karena mungkin tidak berarti ada yang salah dengan ingatan Kamu. Faktanya, itu mungkin pertanda pikiran yang sehat dan menunjukkan bahwa Kamu dapat melihat sinyal yang salah.

3. Memori Kamu mungkin tidak sinkron.

Ada banyak ahli yang percaya deja vu ada hubungannya dengan cara Kamu mengingat ingatan. Peristiwa ini mungkin merupakan respons terhadap situasi yang menyerupai pengalaman masa lalu yang tidak begitu Kamu ingat. Mungkin itu terjadi ketika Kamu masih kecil atau Kamu tidak dapat mengingat karena alasan lain.

Selain itu, kami cenderung memperhatikan banyak detail setiap hari tetapi kami tidak menghafalnya. Jadi, Kamu mungkin merasa bahwa Kamu pernah melihat suatu situasi sebelumnya karena detail-detail kecil yang Kamu lupakan.

4. Ini mungkin terjadi tepat sebelum kejang.

Ada berbagai jenis tanda fisik dan mental yang dapat mengingatkan Kamu sebelum kejang, dan salah satunya adalah mengalami deja vu. Jadi, jika Kamu memang memiliki riwayat kejang, Kamu mungkin ingin waspada jika hal-hal di sekitar Kamu terlihat familier tetapi Kamu belum pernah berada di posisi tersebut sebelumnya.

Namun, hal yang sama dapat terjadi meskipun Kamu tidak memiliki masalah neurologis. Faktanya, deja vu terjadi di bagian otak yang sama. Namun, diyakini bahwa itu hanya bisa menjadi transmisi yang tertunda antara telinga, mata, dan indra lainnya.

5. Kamu terlalu lelah atau stres.

Kamu mungkin mengalami perasaan keakraban yang aneh lebih dari biasanya saat Kamu lelah dan stres. Jika terus berlanjut, Kamu harus mempertimbangkan berbagai cara untuk mendapatkan lebih banyak istirahat dan rileks.

Ini kemungkinan besar terjadi karena ketika kita sedang stres perhatian kita lebih rendah. Misalnya, jika perhatian Kamu terganggu oleh suara saat pasangan Kamu akan meletakkan cincin di tangan Kamu, Kamu berhenti dan berpikir sejenak. Saat Kamu melanjutkan tindakan Kamu, mungkin akan muncul sebagai deja vu, karena sepertinya Kamu pernah berada di posisi yang sama sebelumnya.

6. Sering deja vu mungkin merupakan tanda kecemasan.

Ada kasus di mana deja vu dipicu oleh kecemasan, yang membuat gangguan mental ini semakin parah. Meskipun para ilmuwan telah mengerjakan ini, mereka masih perlu melakukan lebih banyak tes untuk mengkonfirmasi pengalaman tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini