MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemakaian plastik sebagai kemasan makanan dan minumanĀ  tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Mudah didapat serta sangat praktis dalam penggunaanya membuat plastik menjadi primodona pemakainya.

Sumber utama sampah plastik berasal dari kemasan makanan dan minuman, kemasan barang konsumsi (consumer goods), kantong belanja serta pembungkus barang lainnya. Saat ini laut diperkirakan sudah menampung 150 juta ton sampah plastik dengan 250 ribu tonnya terfragmentasi menjadi 5 trilliun potongan plastik

Menurut Indonesia Solid Waste Association/ INSWA (2017) menyebutkan bahwa produksi sampah plastik di Indonesia sekitar 5,4 juta ton per tahun. Sementara itu, belum ada data akurat mengenai jumlah pencemaran sampah di perairan Indonesia.

Dilansir 99.co, terdapat pantai-pantai Indonesia yang kini sudah tercemar oleh sampah dan bahkan salah satu diantaranya merupakan pantai paling terkenal di dunia.

Berikut merupakan pantai-pantai yang sudah dijelaskan tadi:

1. Marunda, Jakarta

Pada masanya, Pantai Marunda merupakan salah satu destinasi pariwisata terpopuler di Indonesia. Terletak di Utara Jakarta, Marunda diberkahi dengan air biru yang jernih serta bebas dari keberadaan sampah plastik atau kain.

Kini kenyataan berbeda 180 derajat. Pasir pantai Marunda saat ini digenangi oleh berbagai jenis taburan sampah. Selain itu, karena banyaknya sampah yang menumpuk di pinggiran pantai, airnya pun sudah menghitam berkat limbah sungai yang mengalir ke laut.

Pantai Marunda yang dahulunya ramai dikunjungi masyarakat, kini mereka sudah enggan untuk mengunjungi pantai yang terletak di Jakarta Utara tersebut.

2. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Pangandaran memiliki reputasi yang baik sebagai salah satu pantaii terindah di Indonesia berkat dikenalnya lagu dari penyayi legendaris Doel Sumbang. Selain itu akses menuju pantai ini pun terbilang lebih mudah dijangkau dibandingkan pantai-pantai lain yang biasanya memiliki jalur yang cukup tajam.

Namun kini, reputasi baik pantai Pangandaran tinggal kenangan semata. Fakta dilapangan yang mengatakan bahwa pantai ini termasuk salah satu pantai terkotor Indonesia lainnya. Terdapat banyak sekali sampah bekas nelayan yang terdampar di pesisir pantai.

3. Pantai Kuta, Bali

Pantai yang terletak di Bali ini merupakan salah satu tempat pariwisata andalan Indonesia. Pantai yang sering dijadikan tempat shooting ftv Indonesia ini sangat terkenal. Saking terkenalnya, banyak turis luar negeri yang hanya mengenal Indonesia karena pantai kutanya saja bukan tempat lainnya.

Sayangnya, kini pantai kebanggaan masyarakat Bali dan Indonesia bukan lagi dipenuhi turis, melainkan sampah-sampah plastik dan botol bir yang tergeletak dimana-mana.

Hal tersebut berkat perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Dampaknya, pantai kuta pun kini sepi dan hanya didatangi oleh sejumlah warga lokal saja

4. Pantai Cipta, Jawa Tengah

Pantai yang berlokasi di Semarang ini dikenal sebagai lokasi pemancingan favorit warga lokal dan turis yang berlibur di pulau Jawa dan menjadi rumah dari banyak ikan yang sering melipir ke pesisir pantai. Hal tersebut memudahkan nelayan dan warga setempat untuk memancing.

Berjalannya waktu, keadaan pantai Cipta yang dahulu dipenuhi oleh ikan-ikan yang melipir ke pesisir pantai kini dipenuhi dengan sampah-sampah berserahkan. Mulai dari bangkai ikan, dedaunan hingga sampah plastik yang sulit untuk terurai dan tercampur dengan pasir pantai.

Saking banyaknya sampah yang berada di pantai tersebut, Pantai Cipta terlihat seperti pantai dengan pasir warna-warni dari jauh. Jika dilihat dari dekat, warna-warni yang terlihat tersebut merupakan sampah plastik yang tercampur dengan limbah lainnya.

5. Pantai Labuhan Haji, Nusa Tenggara Barat

Lombok yang terkenal akan destinasi kepulauan yang memikat hati dengan air yang jernih, pohon-pohon rindang, batu koral warna-warni serta bangunan peninggalan bersejarah di desa-desa kecil. Hal tersebut membuat pulau ini didatangi oleh lebih dari ribuan turis setiap bulannya.

Sayangnya, keadaan pulau Lombok yang memikat hati tidak dimiliki oleh Pantai Labuhan Haji. Pantai yang terletak di Lombok timur tersebut kini tertutupi oleh sampah mulai dari pesisir pantai hingga pembatas jalan.

Tumpukan sampah yang menggunung menciptakan pemandangan dan aroma yang tidak sedap bagi sekitarnya. Padahal, sebelum terjadinya penumpukan sampah, pantai ini sedang bagus-bagusnya dan menjadi salah satu destinasi terkenal di Indonesia.

Reporter: Fifi Zuniarti

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here