Google Doodle bertema Noken Papua

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, Jumat 4 Desember 2020, Google Doodle menghadirkan sebuah tema unik, yakni Noken Papua. Saat Kamu membuka laman pencarian itu hari ini, Kamu akan menemukan beberapa orang wanita dengan Noken di atas kepalanya dan terlihat menghadap ke sebuah pemandangan di Honai, Papua.

Noken merupakan tas tradisional Papua yang dibawa menggunakan kepala. Noken ini terbuat dari serat kulit kayu. Sementara itu, tujuan Doodle kali ini menggunakan tema Noken Papua untuk semakin memperkenalkan tas tersebut yang syarat makna.

Noken Papua biasanya dibuat oleh para wanita di sana dengan menggunakan bahan alami dari serat pohon, kulit kayu atau daun yang kemudian diproduksi menggunakan benang. Biasanya, wanita Papua akan menggunakan Noken tersebut untuk mengangkut hasil pertanian dan membawa dagangannya ke pasar.

Uniknya, Noken digunakan tak seperti tas tradisional pada umumnya. Sebab, Noken akan digunakan di atas kepala saat Kamu hendak membawanya.

Sementara itu, tas tradisional Papua ini juga meraih prestasi, yakni ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO dari tahun 2012. Google Doodle bertema Noken Papu ini dibuat oleh seniman asal Depok, Danu Fitra. Ia memang memiliki ketertarikan pada budaya Indonesia Timur.

Sebelumnya, Google Doodle menampilkan tema-tema unik lainnya seperti seniman Tino Sidin dan kartu ucapan di Hari Ayah.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here