Nih Moms, Ini Sederet Kesalahan Mencuci yang Jarang Disadari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mencuci pakaian merupakan aktivitas yang cukup melelahkan. Apalagi, jika pakaian kotor sudah menumpuk dan harus segera dicuci untuk stok baju di keeskokan hari.

Namun, menucui baju bukan perkara mudah loh! Ada beberapa jenis baju yang tak boleh dicuci sembarangan karena dapat menyebabkan kerusakan dari baju tersebut.

Banyak hal yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan saat mencuci, mulai dari oilihan detergen hingga cara mencucinya. Biar moms gak keliru lagi, yuk simak kesalahan-kesalahan dalam mencuci pakaian yang jarang disadari:

1. Tidak menyeleksi cucian

Biasanya, ibu-ibu mencuci semua pakaian kotor yang ada sekaligus tanpa memisahkan jenis-jenis kain dan bahan dari pakaian tersebut. Ada baiknya kamu menyortirnya terlebih dahulu berdasarkan warna dan bahan baju ya.

Hal ini karena jika kamu mencampur semua warna pakaian saat dicuci, menimbulkan resiko pakaian lainnya terkena lunturan dari pakaian satunya. Apalagi jika kamu mencampurnya juga dengan warna putih. Duh, bisa bahaya.

Nah, pisahkan juga dari jenis bahan atau kain dari tiap pakaian. Misalnya, bahan sweater dan bahan denim harus dipisahkan saat mencuci. Cara ini dilakukan untuk mencegah abraris dan kerusakan pada kain yang lebih halus.

2. Detergen Terlalu Banyak

Jangan mengira menggunakan detergen terlalu banyak fakta mengatakan sebaliknya.

Menggunakan terlalu banyak detergen dapat memicu busa berlebih yang tidak sepenuhnya dapat hilang saat pembilasan.

Busa tersebut akan meninggalkan residu lengket yang menarik lebih banyak kotoran, debu, dan kuman. Sehingga membuat pakaian jadi tak steril.

Gunakanlah detergen seperlunya. Lebih baik lagi, ikuti pentunjuk dan instruksi pemakaian yang ada di belakang kemasan.

3. Tidak Menutup Risleting saat Mencuci

Siapa yang rajin menutup risleting pada pakaian sebelum mencuci? Jika kamu rajin, maka tindakanmu itu benar. Akan tetapi, kebanyakan orang jarang menutup risleting pada pakaian sebelum mencucinya.

Risleting yang terbuka bisa membuat kain lain tersangkut saat proses pencucian di mesin cuci. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menutup risleting pada pakaian sebelum mencuci untuk mencegah kerusakan pada pakaian lain.

4. Menutup Mesin Cuci Setelah Mencuci

Sudah jadi kebiasaan jika setelah mencuci maka pintu mesin cuci ditutup kembali. Akan tetapi hal tersebut salah loh.

Jika terus menerus dilakukan, Hal ini dapat menimbulkan jamur serta bau tak sedap dan bisa berbahaya juga pada pakaian yang akan dicuci di dalamnya.

Agar mesin cuci terbebas dari bakteri dan bau, biarkan penutup terbuka setelah proses pencucian. Biarkan area tersebut mengering sempurna, untuk kemudian ditutup setelah beberapa jam kemudian.

5. Tidak Membersihkan Mesin Cuci

Sama halnya dengan menutup mesin cuci setelah mencuci, tidak membersihkan mesin cuci juga bisa menyebabkan bakteri dan jamur yang nantinya bisa menempel di pakaian.

Pastikan kamu menggosok setiap area yang ada di mesin cuci, khususnya area-area yang lembap dan bisa memicu pertumbuhan bakteri.

Hindari daftar kesalahan mencuci di atas untuk menghindari kerusakan pada pakaian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini