Negara Ini Kembangkan Kecoak Jadi Kosmetik dan Obat Ajaib! Berani Coba?

Baca Juga

MATA INDONESIA, CINA – Makin hari, gaya hidup manusia modern makin aneh saja. Terbaru, hewan menjijikkan seperti kecoak yang kini dikembangkan menjadi alternatif obat dan kosmetik.

Bahkan sebelumnya, susu kecoak diprediksi laris sebagai superfood. Adalah seorang profesor di Universitas Pertanian Shandong, Liu Yusheng yang meyakini kecoak adalah obat dari segala penyakit. Pemimpin Asosiasi Serangga di provinsi Shandong ini pun mengatakan kecoak adalah obat ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit lebih cepat dibanding obat lain.

Asal tahu saja, selama ini kecoak bubuk biasa digunakan untuk mengobati luka bakar di beberapa rumah sakit di Cina. Sementara di Korea, krim kecoak bisa disulap sebagai masker wajah.

Bahkan Cina kini meneliti penggunaan sirup kecoak sebagai obat maag dan TB paru. Eits tunggu dulu! Kecoak yang digunakan bukan kecoak sembarangan lho.

Kecoak yang dimaksud adalah jenis Periplaneta americana atau yang jamak dikenal sebagai kecoak Amerika kini digunakan sebagai bahan dalam obat dan kosmetik. “Itu bukan seperti kecoak-kecoak yang Anda lihat di rumah, mereka itu kecoak Jerman. Ada ratusan spesies kecoak tapi cuma jenis ini yang punya nilai medis. Ini asli dari provinsi Guangdong,” kata Wang Fuming, peternak kecoak kenamaan dari provinsi Shandong, China pada Telegraph.

Sejak 2011-an, permintaan kecoak di peternakan Wang melonjak. Peternakan Wang bisa panen sampai lebih dari 100 ton kecoak setahun. Kecoak-kecoak dibunuh sebelum mencapai usia empat bulan karena saat itu sayapnya akan tumbuh sempurna dan mereka akan bisa terbang. Caranya, kecoak-kecoak akan dimasukkan dalam sebuah panci besar dan direbus.

Wang menghabiskan 160.000 euro (setara Rp 2,4 miliar) untuk membangun peternakan kecil termasuk menyelimuti ruangan dengan plastik supaya kecoak tidak kabur. Tapi tiap tahun dia meraup keuntungan setidaknya Rp 500 juta sampai Rp 1,4 miliar.

Istri Wang, Li Wanrong, mengaku rambutnya yang sempat botak jadi tumbuh sehat setelah membuat larutan semprot dari kecoak. “Aku mengaplikasikannya dari kulit kepala. Rambutku tumbuh lagi. Aku juga pakai masker wajah kecoak, orang-orang bilang aku awet muda,” ujarnya.

So, berani mencoba menggunakan obat dan kosmetik yang dibuat dari kecoak?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini