MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat kelaparan di malam hari, salah satu pilihan cepat adalah makan nasi goreng.

Tak sedikit penjual nasi goreng yang masih berjualan hingga dini hari. Nasi goreng menjadi makanan yang mendarah daging bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kamu pasti mudah menemukan makanan ini. Harganya yang bersahabat juga membuat nasi goreng menjadi kuliner kebanggaan semua kalangan.

Di Jakarta, ada banyak tempat makan nasi goreng yang tidak hanya enak, tapi juga menyajikan beragam menu kreatif. Beberapa diantaranya terpaksa antre saat membelinya. Ini daftar tempat menyantap nasi goreng di Jakarta yang enak dan selalu penuh antrean pembeli.

1. Nasi Goreng Kebuli Apjay

Nasi goreng Apjay cukup terkenal di daerah selatan Jakarta. Hal ini dilihat dari antrean yang ramai dikunjungi setiap malamnya. Beralamat di Jl. Panglima Polim IX nomor 19, Jakarta Selatan tepat didepan Apotek Jaya. Dinamakan Apjay karena singkatan dari Apotek Jaya.

Ciri khasnya nasi goreng dibumbui dengan bumbu nasi kebuli. Sudah terbayang kan betapa gurihnya? Apalagi nasi goreng di sini dimasak dengan menggunakan arang, proses slow cook dari arang menambah cita rasa yang tidak tergantikan. Rasa gurih dari nasi kebuli pun tidak meninggalkan kesan eneg, sangat ringan namun dengan cita rasa dan rempah-rempah yang kha
Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 26.000 – Rp. 30.000 untuk satu porsi.

2. Nasi Goreng Rempah Mafia

Nasi goreng Mafia ini banyak cabangnya di Jakarta. Namun yang paling terkenal yang berlokasi di Jl Tebet Raya No 27D Jakarta Selatan. Menobatkan diri sebagai nasi goreng rempah pertama di Indonesia, merupakan salah satu nasi goreng yang harus kamu coba. Dengan keunikan olahan menu rempah-rempahnya, Nasi Goreng Mafia berhasil memikat hati para pecinta nasi goreng.

Terdapat setidaknya 15 bumbu rempah yang dikreasikan menjadi menu nasi goreng di sini. Mulai dari nasi goreng kencur hingga nasi goreng daun kemangi. Harga untuk bisa menikmati sepiring nasi goreng ini mulai Rp. 25.000 – Rp. 35.000.

3. Nasi Goreng Warung Bhakti

Nasi goreng yang satu ini mungkin cukup populer bagi para pegawai kantoran di sekitar kawasan Gatot Subroto dan SCBD. Banyak pegawai kantoran yang mampir sepulang kerja untuk memuaskan rasa lapar tanpa harus khawatir kantong jebol.

Nasi goreng di sini mengutamakan selera lokal dengan berbagai macam variasi. Ada nasi goreng ayam, kambing, dan udang yang menggugah selera. Topping-nya pun bervariasi, mulai dari yang mainstream seperti sosis dan bakso sampai pete dan ati ampela. Selain itu, emping dan lalapan sayur pun jadi pelengkap yang menambah kelezatan nasi goreng di sini. Beralamat di Jl Bhakti Blok S, Kebayoran Baru, harga jualnya pun tidak menguras kantong, mulai dari Rp. 20.000 – Rp. 25.000.

4. Nasi Goreng Bang Roni

Nasi goreng ini dijamin enak. Harganya pun sangat terjangkau. Nasi goreng santri misalnya, nasi goreng paling murah tanpa topping ini dijual dengan harga Rp 16.000. Jika kamu ingin menambah topping, kamu bisa memilih pilihan topping yang juga tidak kalah bervariasi dari tempat lain; ada cakwe, telur, sosis, kornet dan kambing. Nasi goreng di sini terkenal dengan rasanya yang gurih dan manis. Jika ingin rasa pedas, kamu tinggal memberi tahu abang penjualnya untuk ditambahkan cabe.

Nasi goreng Bang Ronie beralamat di Jl Pinangsia Timur Nomor 1 Jakarta Barat. Nasi goreng ini menggunakan kecap merek SH Banteng yang legendaris. Kecap ini susah dicari karena dijual dan diproduksi terbatas. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi dari Rp. 20.000 – Rp. 25.000.

5. Nasi Goreng Gila Gondrong

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dulu waktu kecil pernah bersekolah di SD 01 Menteng. Nah, warung nasi goreng ini tepat berada di seberang SD tersebut. Itulah mengapa terdapat nama Obama dalam nama warung nasi gorengnya.

Menu andalan di sini adalah nasi goreng gila dan nasi gila. Pelayanan makanan yang cepat dijamin akan membuat suasana makan jadi lebih menyenangkan. Nasi goreng gila disajikan dalam aneka isian seperti sosis, bakso dan telur. Sedangkan nasi gila merupakan nasi polos biasa yang diberi topping bakso, sisi, dan telur orak-arik yang sedap. Harganya mulai dari Rp 15.000 – Rp. 20.000.

6. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Aneka olahan kambing pasti selalu menggoda selera, termasuk jika diolah dalam hidangan nasi goreng. Tempatnya yang sederhana tidak membuat nasi goreng ini kehilangan penggemar. Telah dibuka mulai tahun 1958, nasi goreng kambing ini kelezatannya telah melegenda dari mulut ke mulut. Bahkan kini telah memiliki cabang di Pamulang dan Bandung.

Resep turun temurun yang tetap dipertahankan merupakan kunci dari kelezatan nasi goreng yang satu ini; rasa gurih yang berpadu dengan empuk dan lezatnya potongan daging kambing berhasil menjadikan nasi goreng ini sebagai salah satu yang paling digemari. Nasi goreng kambing di sini disajikan dengan acar dan emping yang membuat cita rasanya semakin unik. Selain menu nasi goreng, di sini kamu juga bisa mencicipi aneka olahan menu sate yang tidak kalah lezatnya. Harganya Rp 30,000.

Reporter: Indah Nurhalisah

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here