Moms, Ini Lho Manfaat Dongeng untuk Perkembangan Anak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tepat hari ini, Sabtu 20 Maret 2021 menjadi perayaan Hari Dongeng Sedunia. Hari dongeng berawal dari hari Nasional Mendongeng di Swedia, sekitar tahun 1991-1992. Hari tersebut dikenal dengan ‘Alla Beratteres Dag’ (All Storytellers Day) atau berarti Hari Pendongeng.

Momen ini tentunya akan sangat disukai anak-anak. Sebab, mereka biasanya menyukai cerita-cerita fiksi menarik dan penuh makna.

Selain disukai, dongeng juga memiliki banyak manfaat untuk anak-anak lho! Nah, tepat di Hari Dongeng Sedunia ini, yuk moms kenali manfaat dongeng untuk perkembangan anak dilansir dari Alodokter.

1. Mempererat Ikatan Batin

Mendongeng bisa menjadi momen untuk quality time bersama anak. Menceritakan hal-hal yang menarik dan lucu bisa menambah kedekatan kamu dengan si kecil.

Dari sini lah timbul kuatnya ikatan batin antara ibu dan anak. Maka, meluangkan waktu untuk membacakan dongeng akan sangat bermanfaat untuk si kecil.

2. Meningkatkan Kemampuan Verbal

Anak yang sering dibacakan dongeng akan memiliki kemampuan interaksi verbal yang bagus lho! Baik itu melalui tulisan, bacaan, atau ucapan.

Bahkan, anak yang sering diberikan dongeng juga diduga dapat memiliki nilai IQ yang tinggi. Jadi, jangan ragu untuk menceritakan dongeng pada si kecil ya!

3. Memperluas Kosa Kata

Manfaat lainnya dari membacakan dongeng untuk anak ialah memperluas kosa katanya. Studi menyebutkan bahwa membaca buku dongeng bersama anak dapat membantu mereka untuk mengetahui lebih banyak kosakata.

Dengan begitu, anak jadi lebih mahir dalam menyampaikan keinginan dan perasaannya. Ini karena kosa kata yang ia miliki lebih beragam lantaran sering dibacakan cerita dongeng.

4. Bisa Mengambil Pelajaran

Satu lagi hal yang bisa didapat dari membacakan dongeng anak ialah membuat mereka mengambil makna dari cerita tersebut. Pasalnya, cerita dongeng kaya akan pesan moral yang bisa mereka pelajari.

Hal ini sangat baik bagi budi pekerti mereka. Dengan demikian, rasa sosialisasi pada anak pun mulai terbangun dari cerita-cerita dongeng yang mereka dengar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini