Menjilat Bisa Bikin Bibir Hitam, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu merasa bibirmu sangat kering? Jika pernah, mungkin kamu reflek dan segera menjilat bibirmu, ‘kan?

Menjilat bibir sering dilakukan jika terasa begitu kering dan kasar. Banyak yang beranggapan, menjilat bibir membuatnya lembab karena terkena air liur yang membuatnya basah.

Namun, ada pula yang tak mau melakukan hal tersebut karena berpikir menjilat bibir bisa membuatnya hitam. Apakah benar?

Faktanya, menjilat bibir, apalagi jika sering dilakukan bisa membuatnya menjadi kering. Selain itu, menjilat bibir juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah lho!

Para ahli mengungkapkan, menjilat bibir justru akan membuatnya jadi pecah-pecah dan hitam. Sebab, air liur justru membuat bibir jadi cepat kering.

Pada dasarnya, bibir memiliki minyak alami untuk membuatnya tetap lembap. Namun, minyak alami ini akan hilang jika bibir sering dijilat. Hal inilah yang membuat bibir terlihat kering dan kusam.

Dikutip dari Healthline, air liur mengandung enzim yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan. Enzim dalam mulut mengandung senyawa cukup keras.

Sehingga, aktivitas tersebut tidak memberikan kelembapan untuk bibir. Terlebih, ketika air liur berkontak dengan udara, maka dapat membuat bibir kembali kering dan mengelupas.

Pada awalnya, menjilat bibir mungkin terasa melembapkan, namun hal ini hanya bertahan sementara. Air liur justru menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan malah mengambil kelembapan alaminya.

Selain menjilati bibir, kekurangan cairan atau dehidrasi juga membuat bibirmu kering dan kusam lho! Maka, cukupkan asupan air putihmu setiap harinya ya.

Jika bibir kamu terasa kering, ada baiknya menggunakan lip balm yang mengandung bahan-bahan alami untuk melembabkan kulit bibirmu. Biar maksimal, gunakanlah scrub bibir yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab bibir gelap.

Jadi, hentikan kebiasaan menjilati bibir mulai sekarang ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini