Menilik Kecanggihan Perseverance, Robot Penjelajah Mars

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berdasarkan situs resmi NASA, Perseverance adalah robot mobil rover tercanggih milik badan antariksa Amerika saat ini. Tugasnya yaitu mencari tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan bebatuan di Mars untuk dibawa pulang ke Bumi.

Namanya dipilih dari hasil lomba yang diumumkan pada 5 Maret 2020. Nama ini diusulkan oleh Alex Mather. Arti Perseverance yaitu kegigihan, cocok untuk misi sulit ke planet Mars.

Robot ini berangkat dari Cape Caneveral, Florida pada 30 Juli 2020 dan mendarat di Kawah Jezero, Planet Mars pada 18 Februari 2021.

Adapun Perseverance merupakan penerus robot Curiosity dengan versi lebih canggih. Ukurannya 3 x 2,7 x 2,2 netto dan beratnya 1.025 kg. Rodanya terbuat dari aluminium. Selain itu terdapat beberapa peralatan canggih pada Perseverance.

Pertama yaitu Mastcam-Z yakni kamera canggih yang berfungsi sebagai mata. Tidak hanya itu namun bisa mendeteksi kondisi mineral. Kedua, yakni SuperCam untuk pemotretan analisa kimia dan mineral. Ketiga adalah Planetary Instrument for X-Ray Litchochemistry (PIXL) yaitu berupa sinar X untuk meneliti komposisi permukaan Mars. Keempat yaitu Scanning Habitable Environments with Raman and Luminescene Organics and Chemicals (SHERLOC) untuk pemetaan mineral.

Kelima yaitu Mars Oxygen in-Situ Resource Utilization Experiment (MOXIE) untuk menciptakan oksigen dari karbon dikoksida. Keenam, Mars Environmental Dynamics Analyzer (MEDA) untuk mengukur suhu angin dan kelembapan radiasi. Ketujuh, Radar Image for Mars Subsurface Experiment (RIMFAX) yaitu radar untuk menembus dasar tanah. Terakhir adalah Helikopter Ingenuity yaitu drone helikopter bertenaga surya.

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Sleman Selenggarakan Job Fair

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka secara resmi penyelenggaraan job fair tahun 2024 bertempat di Atrium Sleman City Hall, pada Minggu (19/5). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman bersama Kepala Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhammad Yusuf.
- Advertisement -

Baca berita yang ini