MATA INDONESIA, JAKARTA – Dengan kemajuan teknologi, semua peralatan rumah tangga menjadi semakin canggih dan secara tidak langsung menuntut produsen peralatan tersebut untuk menciptakan alat yang efisien.

Di tengah isu penghematan energi, penggunaan peralatan yang hemat energi memang dirasakan perlu, terlebih karena harga bahan bakar yang semakin naik bukan semakin turun. Karena alasan inilah, kini peralatan untuk memanaskan air pun lebih diarahkan ke pemanas air dengan tenaga surya, yang dapat memangkas konsumsi listrik sebuah rumah.

Namun sebagai peralatan rumah tangga yang canggih tentu tak lepas dari resiko kerusakan sehingga kebijakan dalam memilih pemanas air tenaga surya terbaik menjadi suatu hal yang dirasa perlu.

Pemanas air tenaga surya atau solar water heater merupakan alat yang digunakan untuk memanaskan air dengan memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber energi.

Sebagai jenis yang paling modern dalam lingkup pemanas air, tentu komponennya lebih kompleks daripada pemanas air jenis lainnya. Dengan komponen berupa kolektor penyerap panas dan tangki penyimpanan, pemanas air ini dapat mencukupi kebutuhan air panas rumah tangga ataupun bangunan komersil sekalipun seperti hotel, spa, fitness centre.

Dengan komponen yang dirancang sedemikian kompleks dengan bantuan teknologi, resiko kerusakan tetap merupakan suatu hal yang dapat terjadi pada pemanas air jenis apapun.

Problem yang Sering Terjadi Pada Pemanas Air Tenaga Surya

Alangkah baiknya jika sebelum memiliki sebuah pemanas air tenaga surya kita memahami terlebih dahulu kira-kira tanda atau indikasi apa yang saja yang umumnya terjadi ketika sebuah pemanas air tenaga surya mengalami kerusakan.

Kondisi paling umum yang sering terjadi adalah air yang keluar tidak panas. Ketika sebuah pemanas air tidak dapat menghasilkan air panas, tentu hal tersebut merupakan sebuah tanda kerusakan yang sangat jelas.

Tanda kerusakan yang lain dapat berupa air yang tetap mengalir ketika sedang tidak digunakan. Pemanas air tidak dapat membuka aliran air secara mandiri, jadi ketika hal tersebut terjadi maka ada yang harus diperbaiki dalam sistem pemanas air Anda.

Ketika air keluar terlalu kecil, tidak sebesar seperti yang seharusnya maka Anda juga perlu curiga terhadap kondisi pemanas air Anda. Keberadaan pemanas air bukanlah untuk menghambat air yang masuk dan keluar sehingga jika hal ini terjadi tentu merupakan sebuah kejanggalan.

Lalu ketika air sudah keluar namun di dalamnya teraliri listrik, hal ini juga jelas mengindikasikan bahwa pemanas air Anda dalam kondisi yang perlu segera ditangani. Karena air bersifat konduktor, akan sangat membahayakan jika listrik yang muncul karena kerusakan terpapar langsung ke tubuh kita.

Resiko semacam ini tentu sangat tidak diharapkan karena tubuh dalam keadaan tanpa perlindungan. Dan indikasi terakhir yang mudah untuk dikenali adalah ketika alat pemanas air mengeluarkan bunyi, karena alat pemanas air yang normal tidak akan mengeluarkan bunyi bising.

Setelah mengenali tanda-tanda yang umumnya terjadi saat pemanas air rusak seperti dijelaskan di atas, maka saatnya kita juga mengenali penyebab umum yang biasanya dapat menyebabkan pemanas air tenaga surya mengalami kerusakan.

Dalam rangkaian pemanas air yang kompleks, terdapat penetralisir Ph. Penetralisir Ph ini merupakan anoda magnesium yang apabila mengalami kehabisan atau kotor, dapat mengeluarkan cairan asam berbau menyengat yang dapat mengganggu kinerja pemanas air. Kemudian penyebab berikutnya dapat disebabkan oleh gangguan pada safety valve yang menyebabkan terjadinya kelebihan tekanan hingga menyumbat aliran air.

Hal yang juga perlu menjadi perhatian adalah mengenai kadar kapur yang terkandung dalam sumber air kita. Tingginya kadar kapur dalam air bukan berarti tidak akan mengganggu kinerja pemanas air tenaga surya. Semakin tinggi kadar kapur, maka air yang mengalir sangat mungkin membawa serta kerak, sehingga ketika dibiarkan terlalu lama, lambat laun akan terjadi penyumbatan. Lalu hal terakhir yang perlu kita perhatikan karena sering menjadi penyebab kerusakan pada pemanas air tenaga surya adalah kebocoran pada pipa saluran.

Kebocoran pipa yang terjadi pada sistem pemanas air dapat menimbulkan kerusakan serius. Namun, untuk situasi yang terakhir ini akan lebih baik jika Anda menyerahkannya pada orang atau teknisi yang benar-benar menguasai bidang ini untuk meminimalisir resiko.

Teliti Pemanas Air Terbaik Sebelum Anda Membeli

Secara umum, hal-hal di atas merupakan indikasi dan penyebab pemanas air tenaga surya mengalami kerusakan atau gangguan pada kinerjanya. Dengan sistem yang dirancang dengan kompleks tentunya masih memiliki hal-hal lain yang dapat mempengaruhi kerusakan pemanas air. Mungkin terdengar cukup rumit istilahnya bagi orang awam, namun sebenarnya solusi dari semua hal di atas adalah satu: pilih pemanas air tenaga surya terbaik.

Dengan memilih pemanas air tenaga surya terbaik, tentu Anda tidak perlu pusing dalam memikirkan resiko-resiko kerusakan yang akan menyulitkan Anda.

Pemanas air tenaga surya yang dirancang dan dibuat dengan sangat baik tentu akan lebih baik dalam mengatasi masalah-masalah tersebut, khususnya dalam hal ketahanan. Paling tidak, dengan memilih pemanas air tenaga surya yang terbaik di kelasnya, Anda sudah meminimalisir munculnya resiko kerusakan serta dampaknya yang sebenarnya tidak perlu terjadi. (ADV)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here