Marak Frozen Food, Ini Cara Aman Mengonsumsinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi, muncul beberapa tren makanan yang menjadi konsumsi masyarakat. Mulai dari Korean garlic butter bread, hingga makanan beku atau frozen food.

Makanan frozen food menjadi opsi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, frozen food dirasa praktis mengingat mereka tak boleh sering-sering keluar rumah, apalagi hanya untuk mencari makanan.

Namun, perlu kamu tahu, mengonsumsi frozen food setiap hari bukanlah pilihan yang baik. Walaupun praktis, makanan tersebut tentu mengandung pengawet sehingga bisa tahan lama. Makanan yang sudah terkena pengawet tak baik untuk dikonsumsi  terlalu sering.

Lalu, bagaimana cara agar tetap aman mengonsumsi frozen food?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center Jakarta, Raissa Edwina Djuanda menyebutkan ada beberap hal yang harus kamu perhatikan saat hendak mengonsumsi frozen food.

1. Lihat Tabel Nutrisi di Kemasan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah melihat tabel nutrisi di kemasan frozen foodmu. Lihatlah kandungan gula, garam dan lemak produk tersebut.

Pastikan kamu juga melihat rincian per sajian (per serving) dari produk tersebut. Sebab, itu dapat menentukan jumlah gula, garam, dan lemak, yang kamu konsumsi.

2. Manfaatkan Freezer

Pada dasarnya, makanan beku atau frozen food bisa awet karena mereka dibekukan. Maka, usahakan tetap meletakkannya di lemari pendingin agar kualitasnya tetap terjaga.

Ada baiknya juga kamu memanfaatkan freezer rumahmu untuk menyimpan frozen food agar tidak cepat rusak. Pastikan pula suhu lemari esmu sudah sangat dingin.

3. Jangan Dikonsumsi Setiap Hari

Frozen food sebenarnya masih memiliki gizi dan nutrisi di dalamnya. Hanya saja, makanan beku pada dasarnya sudah diolah, alias tidak 100 persen segar.

Untuk itu, meski tetap memiliki kandungan gizi, tak baik juga jika makanan beku dikonsumsi setiap hari. Bisa saja frozen food yang kamu beli di pasaran sudah mengandung pengawet yang tak baik untuk kesehatan.

4. Jangan Disimpan Terlalu Lama

Satu lagi yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menyimpan frozen food terlalu lama. Sebab, hal itu bisa merusak dan mengurangi nutrisi di dalamnya.

Menurut dr. Raissa, frozen food yang dikonsumsi setelah dua bulan pembelian, maka ada banyak nutrisi yang berkurang dari makanan tersebut.

Dapat diartikan, kamu tak perlu stock frozen food terlalu banyak, apalagi untuk jangka waktu yang lama ya! Beli lah secukupnya agar frekuensi memakan frozen food jadi tak terlalu sering.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini