Mana Lebih Sehat, Susu Sapi atau Kedelai?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seringkali ditemui pertanyaan terkait perbandingan mana yang lebih sehat antara susu sapi dan susu kedelai.

Setiap susu memiliki keunggulan dan kekurangannya, tergantung pola makan, selera, kesehatan dan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu sapi identik dengan kandungan nutrisi yang beragam. Akan tetapi, nutrisi pada susu sapi nyatanya juga terkandung dalam susu kedelai.

Susu kedelai kaya akan kalsium yang mirip dengan kalsium pada susu sapi. Namun, susu kedelai tidak menawarkan manfaat selengkap susu sapi. Kendati demikian, susu kedelai tetap mudah diserap sama halnya seperti susu sapi.

Susu kedelai memiliki jumlah protein setara dengan protein pada susu sapi. Namun, jenis protein dalam susu sapi memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan susu kedelai. Ini berarti, kedua jenis susu ini mengandung asam amino leusin yang dibutuhkan untuk membangun sel otot dan mencegah kerusakan sel-sel otot manusia.

Pada susu sapi, kandungan protein juga terbukti lebih lengkap. Susu sapi adalah hasil produksi dari hewan sehingga kandungan nutrisinya lebih kompleks. Di sisi lain, susu kedelai juga mengandung berbagai gizi nabati yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

Susu sapi dan susu kedelai sama-sama merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Energi dari kedua susu tersebut berasal dari kandungan protein, karbohidrat, kalsium dan lemak. Pada segelas susu sapi mengandung sekitar 146 kkal, sedangkan pada susu kedelai mengandung 80-100 kkal energi.

Kalori pada kedelai memang terbukti lebih rendah dibandingkan susu hewani, susu sapi. Hal ini yang mengakibatkan susu kedelai sangat cocok bagi seseorang yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Kandungan protein dalam susu sapi memang terbukti lebih banyak. Segelas susu sapi murni mengandung 7,9 gram protein. Tidak kalah, susu kedelai tanpa gula juga mengandung protein, yaitu 7 gram protein. Protein nabati pada susu kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung dan peredaran darah.

Saat ini, banyak orang yang beralih dari susu sapi ke susu kedelai. Alasannya adalah mereka memiliki alergi terhadap laktosa, yaitu karbohidrat utama dalam susu sapi. Laktosa akan menimbulkan serangkaian masalah pencernaan bagi beberapa orang.

Jika ditanya manakan susu yang lebih baik dan menyehatkan, maka hal ini kembali kepada yang mengonsumsinya. Susu kedelai atau susu sapi memiliki kandungan yang sama baiknya bagi kesehatan. Pilihlah jenis susu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda tentunya.

(Shafira Annisa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini