Makin Laris, Ini Sederet Herbal Indonesia Diduga Ampuh Atasi Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hebohnya pernyataan Hadi Pranoto terkait obat herbal yang bisa menyembuhkan virus corona kini menjadi kontroversi di sosial media. Pasalnya, ia meng-klaim sudah menemukan anti bodi Covid-19 yang bisa mencegah dan menyembuhkan pasien yang telah terinfeksi.

Tumbuhan herbal belakangan memang melejit karena khasiatnya yang diduga bisa mencegah bahkan menyembuhkan virus corona.

Di Indonesia sendiri, tanaman herbal atau rempah-rempah memang mudah kita dapatkan.

Walaupun belum teruji secara klinis, ini sederet obat-obat herbal Indonesia yang diduga bisa mengatasi virus Covid-19 ini. Apa saja?

1. Temulawak

Temulawak

Temulawak atau jahe jawa merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang sudah teruji khasiatnya bisa meredakan keluhan seperti, mual, pusing, hingga flu. Karena khasiatnya ini, banyak yang meng-klaim temulawak bisa atasi virus Corona.

Meski belum terbukti, tak ada salahnya kamu membuat ramuan temulawak dengan merebusnya bersama asam jawa dan gula aren. Hal ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu loh.

2. Beras Kencur

Beras Kencur

Minumam favorit orang Indonesia ini memang terkenal dengan rasanya yang hangat dan lezat. Kencur dikenal sebagai jahe aromatik atau oasir jahe yang kaya akan mineral.

Dikombinasikan dengan rempah lainnya, membuat beras kencur tak hanya lezat tapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh agar tak terpapar virus Covid-19.

3. Kumis Kucing

Kumis Kucing

Tanaman ini terkenal dengan kemudahan merawatnya di halaman rumah. Tak cuma itu, kumis kucing juga mengandung banyak khasiat hingga sering digunakan sebagai resep obat, baik tradisional maupun modern.

4. Kunyit-Asam Jawa

Kunyit-Asam Jawa

Herbal khas Indonesia lainnya yang diduga bisa mengatasi Covid-19 adalah ramuan kunyit dengan asam jawa. Rasanya yang segar dan khasiatnya yang gak main-main bikin ramuan kunyit-asam jawa makin digandrungi masyarakat.

Kunyit sendiri memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Sedangkan asam jawa dikenal bisa meredakan peradangan, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya.

5. Sarabba

Sarabba

Herbal satu ini merupakan minuman khas Sulawesi yang terbuat dari rempah jahe, kayu manis, gula dan serai. Rasanya yang hangat, Sarabba juga dikenal dengan khasiatnya yang bisa meredakan flu dan meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini