Ilustrasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selena Gomez tengah jadi perbincangan hangat lantaran riwayat penyakitnya yang menjadi bahan guyonan oleh sebuah acara serial televisi. Hal tersebut memancing emosi para penggemar penyanyi yang sempat berkolaborasi dengan Blackpink itu.

Gomez dikenal mempunyai riwayat penyakit lupus dan mengharuskannya melakukan transplantasi ginjal. Hal itu membuatnya harus vakum dari dunia hiburan dan sosial media.

Lupus atau lupus eritematosus adalah penyakit autoimun kronis yang dapat menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, termasuk kulit, sendi, ginjal, hingga otak. Lupus bisa dialami oleh siapa saja, tetapi lebih sering dialami oleh wanita.

Meskipun belum ada obatnya, namun dengan mengonsumsi makanan yang tepat akan membuat penderita lupus menjalani pengobatan lebih mudah.

Maka, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejala yang timbul. Apa saja? Yuk simak!

1. Makanan dengan antioksidan tinggi

Orang dengan penyakit lupus akan sering mengalami peradangan, oleh karena itu dibutuhkan makanan untuk mengurangi dampak tersebut. Dalam hal ini, Anda dapat mengandalkan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan banyak ditemukan di berbagai macam buah dan sayur-sayuran.

2. Makanan tinggi vitamin D

Selanjutnya, makanan vitamin D juga sangat diperlukan bagi penderita lupus. Orang yang menderita lupus juga cenderung memiliki tulang yang rapuh.

Selain itu, obat-obatan yang dikonsumsi, memiliki efek samping terhadap tulang, sehingga membuat risiko tulang rapuh semakin besar. Konsumsilah makanan yg kaya akan vitamin D seperti susu, oat, dan kacang-kacangan.

3. Makanan omega 3

Satu lagi jenis makanan yang perlu dikonsumsi penderita lupus ialah asupan dengan kandungan omega 3. Makanan denhan omega-3 juga dapat membantu Anda mencegah gejala lupus.

Omega-3 mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke yang rentan dialami oleh penderita lupus. Makanan yang mengandung omega-3 yaitu ikan sarden, makarel, salmon, dan tuna.

1 KOMENTAR

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here