Lagi Setop Merokok? Hindari Asupan Ini Biar Gak Kecanduan Lagi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika kamu salah satu orang yang sedang berjuang berhenti merokok, maka dirimu memilih keputusan yang tepat. Namun, berhenti merokok tentu bukan perkara gampang. Apalagi sebelumnya kamu merupakan orang yang tak bisa lepas dari barang tersbeut.

Memang tidak mudah rasanya untuk keluar dari bayang-bayang rokok. Ada kalanya, beberapa mantan perokok hampir menyerah karena tak kuat dilanda stres usai berhenti merokok. Belum lagi lingkungan dan godaan yang terus datang saat kamu sudah niat berhenti menghisap rokok.

Nah, buat kamu yang lagi berusaha banget mengurangi hingga memutuskan berhenti merokok, tetap semangat ya! Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan biar usahamu membuahkan hasil, salah satunya memerhatikan asupan.

Ada beberapa jenis makan dan minuman yang perlu kamu hindari saat sedang berhenti merokok. Gunanya, biar kamu gak tergoda dan jadi pecandu lagi.

Apa aja sih jenisnya? Yuk simak!

  1. Kopi

Sudah bukan rahasia lagi kalau kopi jadi teman sempurna buat menemanimu di waktu luang, apalagi sambil merokok. Nah, dengan terus menrus mengonsumsi kopi, terutama di waktu biasa kamu merokok, akan mebuatmu tergoda dan membakar barang itu lagi.

Menghindari kopi saat lagi berhenti merokok juga bukan tanpa alasan medis. Kandungan kafein dalam rokok dapat merangsang reseptor di lidah untuk kembali merokok. Sebisa mungkin, hindari jenis minuman ini supaya usahamu untuk berhenti merokok makin sukses.

2. Makanan Rendah Kalori

Para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa makanan rendah kalori justru menjadi bumerang bagi kamu yang sedang berusaha menjauh dari rokok. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Psychopharmacology tahun 2005, perokok yang mengurangi 700 kalori dalam makanannya justru ditemukan lebih banyak merokok daripada yang tidak melakukannya.

Jadi, saat memutuskan untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok, ada baiknya kamu mengurangi makanan rendah kalori ya. Bukan berarti tak boleh, hanya saja asupannya harus lebih dibatasi.

3. Alkohol

Seperti halnya rokok, minuman beralkohol juga tak memiliki nilai gizi atau kesehatan yang terkandung di dalamnya. Nah, tak sedikit pula yang biasa menjadi alkohol sebagai teman merokok yang sempurna.

Maka, tentu baiknya saat menghindari rokok, kamu juga perlu menghindari alkohol ya. Sebab, ada banyak zat-zat racun yang mengalir dalam darah dan merusak organ-organ tubuh secara perlahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini