Ladies, Ini Panduan yang Tepat Minum Pil KB

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi wanita yang ingin mengontrol atau menunda kehamilan, salah satu caranya adalah minum pil KB. Tapi, ada aturannya lho biar efeknya maksimal.

Jika dikonsumsi dengan panduan yang benar, pil KB dapat mencegah kehamilan dengan efektivitasnya mencapai 99,9 persen. Salah satu panduan minum pil KB yang benar adalah minum pil pada waktu yang sama setiap hari.

Kamu dapat meminumnya kapan saja, tetapi meminumnya sebelum sarapan atau sebelum tidur akan membantumu untuk mengingat jam minum pil KB dengan lebih mudah mudah. Bila diminum sesuai petunjuk, pil KB biasanya efektif pada bulan pertama kamu meminumnya.

Agar aman, beberapa dokter menyarankan penggunaan bentuk kontrasepsi yang lain, seperti kondom. Setelah bulan pertama, kamu bisa mengandalkan pil KB sebagai metode kontrasepsi.

Berikut panduan yang benar dalam minum pil KB:

  1. Pil KB bisa mulai diminum kapan saja, dengan catatan kamu sedang tidak hamil.
  2. Pil KB diminum sesuai dengan paket pil KB yang kamu pilih. Ada beberapa jenis Pil KB, yaitu paket 21 hari dan 28 hari. Baik paket 21 hari maupun 28 hari sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, di paket 28 hari kamu akan diberikan 7 pil plasebo sebagai pengingat untuk minum pil.

Karena biasanya di paket 21 hari, pada hari ke 22 kamu akan menstruasi dan kamu tidak perlu minum pil KB. Namun, sebagian wanita sering lupa untuk minum pil KB lagi setelah selesai menstruasi. Maka dari itu, pil plasebo digunakan untuk memudahkan kamu tetap minum pil supaya kontrasepsi tidak putus.

  1. Ikuti panduan minum pil yang tertera di bungkusnya dengan cermat dan harus dilakukan pada jam yang sama setiap harinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TPST Piyungan Ditutup, Gunungkidul jadi Lokasi ‘Selundupan’ Sampah dari Kartamantul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ditutupnya TPST Piyungan oleh Pemda DIY pada 1 Mei 2024 kemarin membuat operasi pengiriman sampah di tiap wilayah seperti Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul cukup kelimpungan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini