Ladies! Ini 7 Tips Mengatasi Rambut Kusut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wanita bisa menghabiskan waktu yang lama untuk fokus pada perawatan rambut. Pasalnya, banyak masalah tentang rambut yang bisa saja menjadi menyebalkan, salah satunya menjadi kusut.

Menyisir rambut yang kusut tentunya bisa memakan banyak waktu, terutama saat Kamu mengalami simpul yang sulit diatur. Meskipun menghilangkan kusut bisa menjadi tugas yang berat untuk diurungkan, ada cara untuk mencegah kusut dan menghilangkannya dari rambut kita.

Simak beberapa cara berikut ini:

1. Sisir rambut ke dalam beberapa bagian.

Mengurai rambut bisa menjadi tugas yang berat dan bahkan menyakitkan. Saat menangani simpul, yang terbaik adalah dengan membaginya ke beberapa bagian. Mirip dengan memotong rambut, bagi rambut Kamu menjadi beberapa bagian kecil sebelum menyisir atau menyisirnya. Jika rambut Kamu sangat kusut, coba gunakan jari atau sisir bergigi jarang agar tidak terlalu sakit.

2. Sikat rambut dari bawah ke atas.

Cara yang paling umum untuk menyisir rambut Kamu adalah dari akar ke ujung, tetapi saat menangani kusut lebih baik memulai di dekat ujung untuk menghilangkan simpul dan naik ke atas. Mulailah dari ujung rambut Kamu yang paling sering kusut, lalu lanjutkan ke bagian tengah rambut.

Memegang rambut dengan satu tangan, sementara menyisir rambut dengan tangan lainnya, membantu mencegah rasa sakit dan memudahkan untuk melepaskan simpul yang kusut. Setelah kusut dihilangkan, Kamu dapat melanjutkan dengan sapuan kuas dari akar ke ujung.

3. Pijat kulit kepala saat keramas.

Saat menggunakan sampo, yang terbaik adalah fokus hanya pada kulit kepala Kamu. Gunakan ujung jari Kamu untuk menggosok sampo, sambil memijat lembut kulit kepala Kamu. Hindari langsung mengoleskan sampo di bagian tengah dan ujung rambut Kamu karena sampo menghilangkan minyak dari rambut dan kulit kepala Kamu, yang membuat rambut rentan mengering. Saat Kamu terus menyabuni dan membilas, sampo akan menyebar ke bagian rambut yang tersisa. Untuk hasil terbaik, gunakan sampo alami dan bebas sulfat.

4. Keringkan rambut dengan lembut.

Rambut rentan dan mudah patah saat basah. Menggosok rambut dengan kuat dan membungkusnya dengan handuk bisa menambah pembentukan lebih banyak rambut kusut. Yang terbaik adalah meremas dan menepuk-nepuk rambut Kamu dengan handuk, lalu biarkan mengering secara alami atau dengan bantuan kipas angin.

5. Hindari menyisir rambut basah.

Karena rambut Kamu paling lemah saat basah, disarankan untuk tidak menyisir langsung setelah mandi. Saat Kamu menyisir rambut basah, kemungkinan besar rambut Kamu bisa patah, yang akhirnya menyebabkan simpul di berbagai area. Sebagai gantinya, Kamu bisa mengusap rambut Kamu dengan jari untuk menghaluskannya dan menghilangkan kusut.

6. Melembabkan dan melembabkan secara teratur.

Sampo dan perawatan rambut cenderung mengeringkan rambut sehingga lebih mudah kusut. Untuk membalikkan keadaan ini, menutrisi rambut Kamu dengan minyak sehat sangat penting untuk mencegah kusut. Kondisioner tidak selalu berarti menerapkan sejumlah besar pelembut yang dibeli di toko. Ada banyak pengganti kondisioner yang lebih alami dan lebih sehat seperti serum rambut, minyak kelapa, minyak alpukat, dan masker rambut.

7. Tidurlah di atas bantal yang lembut.

Percaya atau tidak, jenis bantal yang Kamu gunakan untuk tidur ternyata bisa menjadi penyebab rambut Kamu kusut saat bangun tidur. Bahan penyebab gesekan seperti poliester dan kapas dapat membuat rambut Kamu kering dan kusut. Untuk menghindari hal ini, Kamu dapat mengikat atau mengepang rambut Kamu sebelum tidur, atau Kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sarung bantal sutra.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini